Sebelum Turun ke Bumi, Berapa Lama Nabi Adam AS Tinggal di Surga?

Umat muslim meyakini bahwa Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan. Ia juga dipercaya pernah menetap di surga sebelum akhirnya diturunkan ke bumi bersama Hawa. Lalu berapa lama Nabi Adam tinggal di surga?

Sebelum Turun ke Bumi, Berapa Lama Nabi Adam AS Tinggal di Surga?
Ilustrasi Surga. Foto: Crosswalk

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Umat muslim meyakini bahwa Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang Allah SWT ciptakan. Ia juga dipercaya pernah menetap di surga sebelum akhirnya diturunkan ke bumi bersama Hawa. Lalu berapa lama Nabi Adam tinggal di surga?

Ibnu Katsir dalam bukunya Qashash Al-Anbiya atau Kisah Para Nabi, menyebut bila para ulama berbeda pandangan mengenai surga yang ditinggali Adam AS, apakah ada di langit ataupun di bumi.

Jumhur ulama mengemukakan bahwa surga langit yakni surga Ma'wa (surga keabadian) adalah tempat Nabi Adam bersemayam. Sebagaimana dalam firman Allah Surat Al-Baqarah ayat 35, "Wahai Adam, tinggallah engkau dan istrimu di dalam surga,"

Kemudian ketika Nabi Musa AS bertemu dengan Adam AS, dan bertanya, "Apa motivasi yang membuatmu mengeluarkan dirimu sendiri dan kami semua dari surga?"

Serta pada hadits dari Hudzaifah, ketika di hari kebangkitan kelak, orang-orang mukmin menghampiri Nabi Adam untuk memohon kepada Allah agar pintu surga dibukakan. Lalu Adam AS berucap, "Apakah kalian dikeluarkan dari surga hanya karena kesalahan bapak kalian saja?" (HR Muslim)

Sementara sebagian ulama lainnya berpendapat bila surga yang ditempati Nabi Adam bukanlah surga yang kekal (surga Ma'wa), lantaran masih adanya pelarangan untuk mendekati sebuah pohon. Adam AS pun dikeluarkan dari sana, sama halnya dengan iblis.

Ulama tersebut menambahkan, adapun surga yang satu ini sebagai tempat ujian. Lain dari surga abadi yang dikhususkan oleh Allah SWT sebagai tempat balasan bagi orang bertakwa.

Kemudian terdapat ulama yang menyatakan bahwa surga ini adanya di langit, sebab Allah SWT memerintahkan untuk turun, seperti dalam Surat Al-Baqarah ayat 36, "Turunlah kamu!" Yang lainnya beranggapan pula bahwa surga ini ada di bumi, karena Nabi Adam dan Hawa masih diberi beban untuk tidak mendekati pohon terlarang.

Masa Tinggal Nabi Adam AS di Surga

Masih dari buku Qashash Al-Anbiya atau Kisah Para Nabi, ulama turut bebeda anggapan mengenai hal ini. Terdapat ulama yang menyebut bila Adam AS tinggal selama satu hari menurut hitungan di dunia. Bersandar pada hadits narasi Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda:

"Pada hari Jumat, Nabi Adam AS diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya." (HR Tirmidzi)

Ibnu Abbas berpendapat, bila satu harinya adalah hitungan surga, maka sama dengan enam hari di dunia. Kemudian jika dikeluarkannya Nabi Adam berbeda hari dengan penciptaannya, seperti dikatakan enam hari di surga, kemungkinan lamanya yakni 6.000 tahun waktu dunia.

Disampaikan pandangan lain oleh Ibnu Jarir, ia berkata: 'Adam AS diciptakan di akhir waktu pada hari Jumat. Perhitungan satu jam di surga, yaitu 83 tahun lebih empat bulan menurut hitungan dunia. Pada mulanya, Nabi Adam terbentuk dari tanah liat selama 40 tahun, sebelum ditiupkan ruh ke tubuhnya. Beliau menempati surga selama 30 tahun atau 43 tahun lebih empat bulan sebelum diturunkan ke bumi.'

Wallahu a'lam.(eky)