Sebelum Juni, Bayar Tol Tanpa Setop Bakal Diuji Coba Pertama di Tol Bali Mandara

Pemerintah menargetkan uji coba multi lane free flow (MLFF) atau bayar tol tanpa setop dilakukan sebelum Juni 2023. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR menyebut uji coba pertama akan dilakukan di Tol Bali Mandara.

Sebelum Juni, Bayar Tol Tanpa Setop Bakal Diuji Coba Pertama di Tol Bali Mandara
Gerbang Tol Bali Mandara di Nusa Dua/Foto: IST

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pemerintah menargetkan uji coba multi lane free flow (MLFF) atau bayar tol tanpa setop dilakukan sebelum Juni 2023. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR menyebut uji coba pertama akan dilakukan di Tol Bali Mandara.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sekretariat BPJT, Kementerian PUPR, Ali Rachmadi memastikan ada lima ruas tol lagi yang akan diuji coba bayar tol tanpa sentuh, salah satunya di Jabodetabek.

"Ada beberapa ruas yang rencananya kita siapkan, ada lima ruas lagi. Tapi bertahap satu dulu Jalan Tol Bali Mandara. Nanti kami info, ada salah satunya (tol di Jabodetabek)," ujarnya dalam acara diskusi publik Sistem Bayar Tol Tanpa Henti, di Hotel Altet Century Park, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (7/2/2023).

Sayangnya, Ali enggan memberi tahu daftar lima ruas jalan tol tersebut yang akan jadi tempat uji coba bayar tol tanpa setop. Ia mengatakan pihaknya akan memastikan terlebih dahulu uji coba di Tol Bali Mandara berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan ini dalam uji coba berhasil, tidak ada deviasi dari pengumpulan tolnya maka kita baru rilis ruas-ruas berikutnya," ujarnya, dikutip dari detikcom.

Mengenai uji coba di Jalan Tol Bali Mandara, teknisnya tidak semua gerbang akan dilakukan uji coba MLFF. Ali mengatakan akan diatur setengah MLFF dan setengahnya masih transaksi tap dengan kartu.

"Kita akan sesuaikan kondisinya, seandainya ada empat gerbang, setengahnya coba MLFF-nya," lanjutnya.

Sebagai informasi, Kepala BPJT Danang Parikesit telah menyiapkan lima ruas tol yang akan digunakan untuk uji coba bayar tol tanpa setop, mulai dari Tol Bali Mandara, Tol Jagorawi, Tol Jakarta Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong).

"Kelima ruas jalan tol tersebut merupakan perwakilan lebih dari 60% traffic keseluruhan jalan tol di Indonesia," jelasnya Danang Parikesit September 2022 lalu.

Danang juga pernah menyebut, dalam uji coba bayar tol tanpa setop hanya beberapa gerbang tol yang difasilitasi teknologi MLLF. Pihaknya masih akan menyiapkan gerbang tol (GT) pembayaran dengan kartu, tujuannya agar masyarakat bisa mencoba terlebih dahulu.

"Untuk diujicobakan agar orang bisa mengaplikasikan cantas kemudian nanti sambil familiar pada saatnya akan dioperasikan secara komersial," lanjutnya.(eky)