Sama dengan Kualanamu, Bandara Soekarno-Hatta Bakal Dikelola Swasta

PT Angkasa Pura II (AP II) bakal bekerja sama dengan pihak swasta dalam mengelola Bandara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta).

NUSADAILY.COM – JAKARTA - PT Angkasa Pura II (AP II) bakal bekerja sama dengan pihak swasta dalam mengelola Bandara Soekarno-Hatta (Bandara Soetta).

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bentuk kerja sama akan mirip dengan yang dilakukan terhadap Bandara Kualanamu di Sumatera Utara.

"Terkait Soetta ini memang kita berdasarkan peraturan menteri perhubungan yang baru, jadi pada intinya Angkasa Pura sekarang bisa mengerjasamakan bandara-bandaranya dengan cara badan usaha bandar udara bisa dilakukan spin off ke joint venture di bawahnya," ujar Kartika dikutip dari Antara, Selasa (18/10).

Kartika mengatakan pengelolaan itu dilakukan dengan pertimbangan lalu lintas di bandara tersebut. Kementerian BUMN disebut sudah berencana untuk melakukan perluasan kapasitas dengan membangun landas pacu atau runway 3 Soetta sebelum covid-19.

BACA JUGA : Bandara Munich Klaim Krisis Akibat Corona Hampir Berakhir, Pengunjung Sudah Mulai Meningkat

Namun, etelah pandemi mereda, pemulihan trafik di Bandara Soetta berlangsung 85 persen lebih cepat dari perkiraan.

"Hal ini membuat kita berpikir untuk mengakselerasi pengerjasamaan Soetta. Mungkin polanya sama dengan Bandara Kualanamu di mana kita akan membuat joint venture untuk perluasan Bandara Soetta. Kita lagi petakan apakah semua terminal atau mungkin terminal baru, terminal 4 serta terminal 3 saja, ini yang sedang dipertimbangkan," kata Kartika.

Ia menyebut minat investor sangat tinggi karena tingginya pergerakan pesawat di Bandara Soetta. Selain itu, bandara internasional tersebut juga salah satu yang tersibuk di Asia.

"Saya rasa ini menjadi suatu pengerjasamaan yang sangat menarik dan menarik minat dari berbagai investor baik strategis maupun finansial di dunia," kata Kartika.

BACA JUGA : Revitalisasi Selesai, Bandara Halim Perdanakusuma Bakal Buka Kembali Esok

Sebelumnya, AP II menyampaikan tren penerbangan internasional di bandara-bandara yang dikelola AP II terus meningkat menuju periode pemulihan.

Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyampaikan Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara yang selalu dibuka untuk penerbangan internasional di tengah pandemi.

Jumlah pergerakan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta pada Januari - Agustus 2022 tercatat mencapai 3,56 juta penumpang.

Sepanjang Semester I-2022, jumlah rute internasional di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 100 rute internasional yang didominasi penerbangan repatriasi dan terkait penanganan covid-19.(lal)