Rusia Siap Kirimkan Tambahan Gas Alam ke Uni Eropa

Rusia siap mengirimkan volume tambahan gas alam ke Uni Eropa pada periode musim gugur-musim dingin, kata Presiden Vladimir Putin, Rabu (12/10).

NUSADAILY.COM – MOSKOW – Rusia siap mengirimkan volume tambahan gas alam ke Uni Eropa pada periode musim gugur-musim dingin, kata Presiden Vladimir Putin, Rabu (12/10).

Bendera Uni Eropa Sumber Istockphoto

Melansir Xinhua, salah satu dari dua cabang pipa Nord Stream 2 telah selamat dari insiden kebocoran baru-baru ini dan Rusia bersedia mengirim gas melalui pipa itu ke Eropa, kata Putin disampaikan saat sesi pleno forum internasional "Pekan Energi Rusia" di Moskow.

Baca Juga: Konsulat Jenderal di Vancouver Ingatkan Warga Tiongkok...

"Kapasitasnya 27,5 miliar meter kubik per tahun, atau sekitar 8 persen dari seluruh impor gas Eropa. Rusia siap memulai pengiriman seperti itu. Bolanya ada di pihak Uni Eropa," katanya.

Baca Juga: Arab Saudi Umumkan Perempuan Diizinkan Haji dan Umrah Tanpa Mahram

Rusia juga dapat mentransfer volume yang hilang melalui pipa Nord Stream ke wilayah Laut Hitam dan membuat rute pasokan utama ke Eropa melalui Turkey, "jika tentu saja, mitra kami tertarik dengan ini," tambahnya.

Di forum tersebut, Putin mengatakan keprihatinan tentang harga energi yang tidak stabil dan ketidakseimbangan dalam penawaran dan permintaan, dan dia mengkritik negara-negara tertentu "yang semata-mata dituntun  oleh ambisi geopolitik mereka sendiri, dan melakukan diskriminasi langsung di pasar."

Dia mengatakan sabotase pipa gas Nord Stream 1 dan 2 merupakan "tindakan terorisme internasional."

Putin mengatakan bahwa mereka yang berada di balik sabotase berusaha untuk memutuskan hubungan sepenuhnya antara Rusia dan Uni Eropa, melemahkan potensi industri Eropa dan merebut pasar. (mdr1/lna)