Rusia Luncurkan Serangan Besar ke Ukraina Usai Zelensky Pidato di KTT G20

Serangan itu menargetkan infrastruktur listrik di beberapa wilayah Ukraina. Akibatnya, lebih dari tujuh juta warga Ukraina tanpa listrik dan pasokan listrik dalam kondisi kritis.

NUSADAILY.COM – KIEV - Rusia meluncurkan gelombang serangan rudal terbesarnya di kota-kota Ukraina dalam lebih dari sebulan. Serangan rudal Rusia ke Ukraina terjadi beberapa jam setelah Presiden Ukraina Volodymr Zelensky berpidato lewat video soal rencana perdamaian di depan para pemimpin dunia pada KTT G20 di Bali.

Dilansir CNN, Rabu (16/11/2022), sirene serangan udara terdengar di seluruh Ukraina tak lama setelah pemimpinnya menguraikan rencana 10 poin, termasuk penarikan pasukan Rusia dan pemulihan integritas teritorial Ukraina.

BACA JUGA : Melihat Perang Mulut Antara Biden dan Xi Jinping di KTT G20 Bali

Serangan itu menargetkan infrastruktur listrik di beberapa wilayah Ukraina. Akibatnya, lebih dari tujuh juta warga Ukraina tanpa listrik dan pasokan listrik dalam kondisi kritis.

Wakil kepala Kantor Kepresidenan Ukraina, Kyrylo Tymoshenko, mengatakan 15 fasilitas infrastruktur energi Ukraina telah rusak selama serangan rudal Rusia. Dia menyebut pertahanan udara Ukraina telah menembak jatuh 70 dari lebih dari 90 rudal yang ditembakkan ke Ukraina.

BACA JUGA: Memaknai Ketidak Hadiran Putin di KTT G20 Bali

Dua rudal atau roket juga dilaporkan menghantam sebuah peternakan di Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina. Menurut media Polandia, insiden itu menewaskan dua orang.

Belum jelas dari mana rudal itu berasal, tetapi mereka mendarat kira-kira bersamaan dengan serangan rudal Rusia di Ukraina barat. Media Polandia menunjukkan gambar dampak yang dalam dan membalikkan kendaraan pertanian di lokasi dekat kota Przewodow.(ros)