RSUD Besuki Gelar Operasi Katarak Gratis, Tingkat Kesembuhan 94 Persen

Acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Penglihatan sedunia. Tingkat keberhasilan operasi katarak di RSUD Besuki mencapai 94 persen.

RSUD Besuki Gelar Operasi Katarak Gratis, Tingkat Kesembuhan 94 Persen
Petugas medis melakukan operasi katarak yang digelar RSUD Besuki. (Fathur Rozi/Nusadaily.com)

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besuki, Situbondo bekerjasama dengan Klinik Mata Tritya, Surabaya, dan Bank Jatim Cabang Situbondo menggelar bakti sosial (Bakso) operasi mata katarak gratis, Sabtu, 15 Oktober 2022. Acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Penglihatan sedunia.

Menurut Direktur RSUD Besuki, dr. Imam Hariyono, operasi katarak gratis ini diikuti oleh 70 pasien penyakit mata katarak.

"Namun jumlah total operasi mata katarak gratis yang berlangsung di RSUD Besuki sudah mencapai 400 pasien," ujarnya.

Lebih lanjut, Mantan Kepala Puskesmas Panarukan ini mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan mata.

BACA JUGA: Gus Ipul Harapkan RSUD dr R Soedarsono Kota Pasuruan Jadi...

"Walaupun, teknologi kedokteran sudah berkembang pesat namun, masih banyak orang-orang yang mengalami gangguan penglihatan bahkan mengalami kebutaan di seluruh dunia. Ini yang manjadi perhatian kita semua," tambahnya.

Imam menuturkan, peringatan hari penglihatan sedunia kali ini megusung tema ”Love Your Eyes atau Cintai Matamu".

“Kami mengajak masyarakat untuk melindungi kesehatan matanya. Selain itu, untuk mewujudkan rasa empati kepada orang yang mengalami gangguan penglihatan dan tidak memiliki akses ke layanan perawatan mata," tegasnya.

Imam pun mengajak seluruh seluruh lapisan masyarakat untuk peduli dengan kesehatan mata dan penglihatannya.

“Bagi masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan mata dan operasi mata bisa langsung menghubungi RSUD Besuki,” pungkasnya.

BACA JUGA: Studi : Jalan – Jalan Dapat Mencegah Miopia Pada Anak

Sementara itu, Direktur Klinik Mata Tritya Surabaya, dr. Armanto Sidohutomo, menjelaskan jumlah pasien mata katarak yang sudah menjalani pemeriksaan sekitar 900 pasien dan yang bisa menjalani operasi sebanyak 400 pasien.

“Alhamdulillah, dari 400 pasien yang telah menjalani operasi banyak yang sembuh dari penyakit mata katarak. Yang mereka datang dituntun sekarang sudah tidak dituntun,” jelasnya.

Armanto menerangkan, tingkat keberhasilan operasi katarak di RSUD Besuki mencapai 94 persen. “Sejak awal operasi katarak gratis ini berlangsung, saya sudah bilang kepada Bupati Situbondo secara teoritis angka kesembuhan ditargetkan ada di angka 30 persen. Hal ini karena, pasien mata katarak di Situbondo sudah banyak yang parah dan sudah banyak yang mengalami kebutaan. Namun, atas kehendak Allah SWT, dari target 30 persen ternyata angka kesembuhannya mencapai kurang lebih 94 persen,” tutupnya. (fat/lna)