Rencana Jokowi Usai Lengser dari Kursi Presiden: Kembali ke Solo, Jadi Rakyat Biasa

Jokowi mengatakan dirinya akan kembali ke kota asalnya Solo dan akan lebih aktif dalam bidang lingkungan hidup.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rencananya selepas lengser dari kursi presiden pada 2024 nanti.

Ia mengatakan dirinya akan kembali ke kota asalnya Solo dan akan lebih aktif dalam bidang lingkungan hidup.

"Saya akan kembali ke kota saya, Solo sebagai rakyat biasa," ujar Jokowi dalam sebuah wawancara dengan The Economist, Sabtu (12/11).

"Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," lanjutnya.

BACA JUGA: Jokowi: Saya Dua Kali Menang Pilpres, Setelah Ini Jatahnya...

Jokowi mengatakan dirinya ingin menjadi bagian dari Indonesia baru yang lebih hijau.

Ketika ditanya soal warisan meritokrasi selama dirinya memimpin Ia berharap perubahan mindset dan perubahan cara kerja bisa menjadi warisan meritokrasi selama memimpin Indonesia pada dua periode.

"Kita berharap itu ada perubahan mindset, ada perubahan cara kerja baru, sehingga betul-betul negara ini akan bisa melompat untuk maju ke depan," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, perubahan mindset dan perubahan cara kerja dapat membuat Indonesia melompat menjadi negara maju.

Selain itu, sejumlah kekuatan yang dimiliki Indonesia seperti kekuatan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan pasar yang besar juga dapat mewujudkan harapan tersebut.

"Karena dengan perubahan mindset, dengan perubahan cara kerja baru, saya meyakini dengan kekuatan sumber daya alam, kekuatan sumber daya manusia, kekuatan pasar yang besar kita akan bisa melompat ke negara maju," tuturnya.(lna)