Rekomendasi Makanan Sehat yang Cocok Buat Menaikkan Berat Badan

Berat badan terlalu rendah (underweight) menyulitkan seseorang untuk membentuk otot dan memiliki bentuk tubuh ideal. Orang perlu mengonsumsi sejumlah makanan untuk menaikkan berat badan dengan aman dan sehat. Kondisi kesehatan tertentu bisa membuat orang kekurangan berat badan, misalnya pengobatan kanker, masalah hormon, atau gangguan makan. Tujuan menaikkan berat badan tentu ingin mengembalikan kondisi tubuh normal kembali.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Berat badan terlalu rendah (underweight) menyulitkan seseorang untuk membentuk otot dan memiliki bentuk tubuh ideal. Orang perlu mengonsumsi sejumlah makanan untuk menaikkan berat badan dengan aman dan sehat.

Kondisi kesehatan tertentu bisa membuat orang kekurangan berat badan, misalnya pengobatan kanker, masalah hormon, atau gangguan makan. Tujuan menaikkan berat badan tentu ingin mengembalikan kondisi tubuh normal kembali.

Akan tetapi, ada pula alasan menaikkan berat badan selain tujuan kesehatan yakni pembentukan otot. Berikut rekomendasi makanan untuk menaikkan berat badan dengan cepat dan sehat.

BACA JUGA : Resep Makanan Jalanan Qatar yang Jadi Favorit Fans Saat Piala Dunia

1. Nasi
Nasi jadi sumber karbohidrat murah untuk membantu menambah berat badan. Dalam 158 gram nasi putih memberikan 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sangat sedikit lemak.

Seperti dikutip dari Healthline, Anda bisa memberikan rasa pada nasi yang relatif hambar. Cara termudah adalah menambah komponen protein seperti mentega dan keju parmesan, brokoli dan keju, telur dadar atau kacang tanah, dan biji wijen panggang.

2. Kacang dan selai kacang
Cukup satu genggam kacang, Anda bisa menambah berat badan dengan cepat. Satu genggam kacang almond mentah (32 gram) mengandung 170 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 15 gram lemak.

Kacang sangat padat kalori sehingga Anda hanya disarankan mengonsumsi sebanyak dua genggam per hari. Selain itu, kacang juga bisa dikonsumsi dalam bentuk selai. Namun, pastikan selai kacang terbuat dari 100 persen kacang tanpa gula dan minyak tambahan.

3. Kentang

Selain nasi, sumber karbohidrat yang disarankan adalah kentang. Pangan berpati ini mampu memberikan kalori ekstra dengan sehat.

Kentang dan pangan berpati akan meningkatkan simpanan glikogen otot. Glikogen adalah sumber bahan bakar utama untuk berbagai aktivitas, termasuk olahraga.

BACA JUGA : Odading Mang Oleh Diisukan Bangkrut, Begini Faktanya

4. Salmon

Sangat penting memasukkan protein dalam asupan harian. Betapa tidak, otot dibangun dari protein.

Artinya, konsumsi lebih banyak protein bisa memastikan pembentukan otot yang baik.

Seperti dikutip dari Insider, pangan dengan kandungan protein tinggi antara lain salmon (29 gram per 5 ons), telur (sebutir telur mengandung 6 gram protein), dan kacang tanah (6 gram per 32 gram sajian).

5. Susu

Susu akan menambah berat badan dengan sehat. Sebaiknya pilih jenis whole milk seperti full-fat milk dan produk turunannya seperti yogurt dan keju.

Secangkir susu mengandung 8 gram protein dan hampir 150 kalori. Susu skim dengan kandungan lebih sedikit lemak juga bisa menaikkan berat badan, tetapi hanya mengandung 90 kalori dan sekitar 8 gram protein.

Susu baik dikonsumsi setelah berolahraga karena bisa memulihkan kondisi tubuh sekaligus membentuk otot.

(roi)