Warga Ngawi Ciptakan Terapi Covid 19 Dengan Tanaman Kayu Putih

  • Whatsapp
Rewanda Mahardika si pemilik terapi kayu putih saat mempraktekan temuanya di kedai cafe miliknya, Kamis, (22/07/2021).
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NGAWI – Terapai sauna minyak kayu putih yang diciptakan oleh warga Kabupaten Ngawi ini belakangan ramai didatangi warga yang mengeluhkan kesehatannya. Diyakini dapat menangkal dan menyembuhkan gejala covod 19.

Lokasinya berada di kedai kopi pada jalan Yos Sudarso Kota Ngawi. Pencipta mandi uap minyak kayu putih Rawanda Mega Mahardika 23 tahun ini tidak memungut biaya alias mengratiskanya bagi siapa saja yang datang. Pemuda 23 tahun warga kelurahan Ketanggi Kecamatan kota Ngawi tersebut memgaku sebelumya memiliki usaha kendai kopi, namun pilih tutup karena pemberlakuan PPKM. Kemudian membuka terapi uang kayu putih agar tetap bisa membantu warga.

“Sebelumya kan kedai atau kafe tempat terapi ini, kemudian saya tutup karena pemberlakuan PPKM. Daripada vakum, bapak saya punya ide membuat terapi dari uap minyak kayu putih. Alhamdulillah yang datang banyak ingin mencoba karena alami gangguan kesehatan. Keluhan batuk pilek sembuh setelah datang dua kali. Selain itu warga meyakini ini dapat mencegah dan mengurangi dampak covid 19,” kata Rewanda Mahardika si pemilik terapi kayu putih kepada nusadaily.com, Kamis, (22/07/2021).

Karena bahan baku yang didapat dari hutan pemilik mengaku tidak memungut biaya, bagi siapa saja yang ingin terapi mandi uap kayu putih di bilik berukuran 1,5 x 1 meter itu gratis alias tidak dipungut biaya.

“Hitung hitung membantu orang disaat kondisi ekonomi sulit seperti sekarang ini,” jelasnya.
 
Salah satu warga bernama Suyono mengaku agak longgar pernapasan setelah terapi, bernafas ringan. Dan akan kembali lagi mencobanya lagi, karena bagi pemula tidak kuat lama lama menghirup bau minyak kayu putih yang dihasilkan dari terapi ini. “Saya hanya kuat satu menit di dalam, itu pun saya dah merasa bernafas lega,” katanya.

Sementara itu pengujung lain mengaku alami pilek pakai terapi uapanya diarahakan ke hidung jadi plong. Penyedian terapi sauna pakai tanaman kayu putih ini sebenarnya dari pengalaman orang tuanya dulu. Kemudian melihat pandemi ini banyak warga alami gangguan kesehatan, spontan Ia buat agar dapat mengurangi beban warga.

“Semoga temuan terapi dari uap tanaman kayu putih ini bermanfaat bagi warga yang membutuhkan. Silahkan bila ingin mencobanya datang saja ke Ngawi,” pungkas Rewanda. (nto/kal)