Warga Magetan Temukan Granat Aktif di Halaman Rumah, Diduga Milik Pejuang Abu Toyib

  • Whatsapp
Lokasi temuan granat di halaman rumah Sakat desa Kecamatan Sidorejo Magetan
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Warga Dusun Sampung, Desa Sidorejo, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Senin petang dikejutkan dengan penemuan granat saat membersihkan pekarangan rumah.

Granat yang diperkirakan berjenis nanas itu merupakan peninggalan pemilik tanah jaman dulu. Granat tersebut diduga masih aktif karena masih utuh dan lengkap dengan pemicunya.

Baca Juga

Dikatakan Sakat (32) kepada nusadaily.com, penemuan itu berawal saat ia berniat membersihkan pekarangan rumahnya. Namun saat membersihkan pekarangan tersebut ia menemukan benda mencurigakan seperti besi berkarat mirip granat diantara batu batu.

BACA JUGA: Efektif Turunkan Penyebaran Covid-19, PPKM Mikro Jatim Diperpanjang

“Awalnya bersih-bersih untuk meratakan tanah, pas ketemu batu seperti ditata, saya angkat batunya yang paling atas terus ketemu benda mirip granat lengkap dengan pemicunya,” ungkap Sakat penemu granat.

BACA JUGA: Kisah Hantu Sadikem, Si Cantik Penunggu Jembatan Jiwan Madiun

Benda besi mirip granat kaya dilihatnya di film film memiliki diameter sekitar 15 sentimeter lengkap dengan dengan pemicu, serta terdapat kode sandi yang masih bisa dibaca dengan jelas.

Setelah mengetahui barang tersebut berbahaya, lanjut Sakat, Ia membungkusnya dengan karung. Ia takut bila sewaktu waktu meledak, dan segera melaporkan kepada perangkat desa untuk diteruskan keapada pihak kepolisian.

Sementara itu pihak kepolisian dari Polsek Plaosan saat ini masih menunggu tim jihandak dari Brimob Madiun untuk mengevakuasi benda yang diduga kuat granat nanas tersebut. (nto)