Wali Kota Batu: Rumah Bukan Tempat Isolasi Ideal

  • Whatsapp
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko melakukan sidak di kawasan alun-alun
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Dari data peta sebaran Covid-19 yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu per hari ini (Minggu,12/7), jumlah pasien terkonfirmasi positif sebanyak 126 orang. Walikota Batu Dewanti Rumpoko berpendapat, peningkatan kasus Covid-19 tak terjadi di Kota Batu saja, melainkan juga di Malang Raya, termasuk Kota Malang dan Kabupaten Malang. Dia juga mengatakan jika rumah bukan isolasi ideal kasus Covid-19.

Penambahan kasus terkonfirmasi positif, didominasi dari penularan di tingkat keluarga.  Klaster keluarga menjadi pemicu bertambahnya kasus.

"
"

Baca Juga

"
"

Menurut Dewanti, mereka yang dinyatakan positif dari klaster keluarga masih memilih melakukan isolasi mandiri, tetap bertahan di rumah. Cara seperti ini sangat berisiko tinggi menularkan pada anggota keluarga lainnya karena ada ruang yang dipakai secara bersama-sama, seperti kamar mandi.

“Kamar mandi yang menjadi satu, alat makan, cuci pakaian dan sebagainya. Mustahil jika tak terjadi penularan. Lebih aman memilih shelter atau rumah sakit,” ucap Dewanti dilansir Nusadaily.com.

Ia mengatakan, pihaknya berkeinginan meniru penanganan yang diterapkan Kota Malang. Bagi siapa saja yang dinyatakan positif langsung dievakuasi ke shelter. Ia menyadari, kenyamanan dan suasana rumah tak lagi didapat, sehingga mereka yang dinyatakan positif merasa enggan menjalani isolasi di shelter yang telah disediakan Pemkot Batu. 

“Kami akan berkordinasi dengan Dinkes agar mereka mau dipindahkan ke shelter,” kata dia.

Selama ini, Pemkot Batu memanfaatkan Hotel Mutiara Baru sebagai tempat isolasi bagi pasien terkonfirmasi. Dari data yang dihimpun tim Gugus Tugas Kota Batu, per Sabtu kemarin (11/7), ada 33 orang yang menjalani isolasi di shelter dan 37 orang memilih bertahan di rumah. Sedangkan 15 orang dirawat di rumah sakit rujukan dan 30 orang dinyatakan sembuh. Tujuh orang lainnya meninggal dengan status positif Covid-19. (wok/wan)

Post Terkait

banner 468x60