Waduh.. Gara-gara Bromo Tak Kunjung Buka, Tiga Hotel Sampai Gulung Tikar

  • Whatsapp
Bromo masih ditutup, sejumlah hotel pun tutup dan sepi. (nusadaily.com/ras)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PROBOLINGGO – Sudah sekitar 6 bulan wisata Gunung Bromo ditutup karena pandemi Covid-19. Sejumlah dampak kerugian pun dirasakan para pengusaha. Sampai-sampai, 3 hotel di kawasan Bromo gulung tikar karena tak ada pemasukan sama sekali.

“Ada 3 hotel yang paling terdampak hingga gulung tikar dan dijual. Ya itu karena tidak ada pemasukan sama sekali sedangkan gaji harus dibayarkan,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Kabupaten Probolinggo Digdoyo Jamaluddin pada NusaDaily.com Selasa, 30 Juni 2020.

Baca Juga

Digdoyo menyebutkan, okupansi hotel di kawasan Bromo mengalami penurunan sangat drastis mencapai 97 persen. Dari rata-rata 15 hotel, yang terisi hanya 3% nya saja.

“Dari 15 hotel yang ada, terisi hanya sekitar 3 persen saja selama kurang lebih 6 bulan. Hal itu merupakan imbas penutupan sejak ‘Car Free Month’, Nyepi sampai COVID-19 ,” jelas Digdoyo.

Selain perhotelan, lanjut Digdoyo, penyedia homestay atau rumah singgah yang ada di kawasan Bromo juga terkena imbas pandemi COVID-19.

“Dari total 90 homestay di sekitar Bromo ini juga turut kena dampaknya. Hampir semua homestay, sejak pandemi dan penutupan obyek wisata sudah tidak ada yang menginap,”tambahnya.

Secara rinci selain gaji karyawan, ada tanggung jawab pengusaha yakni biaya operasional hotel, pembayaran listrik, air dan cicilan bank menjadi kendala yang sulit agar hotel tetap bisa beroperasi.

Akibatnya, selain 3 hotel ada yang gulung tikar sebanyak 371 karyawan dirumahkan dan sekitar 40 orang karyawan di-PHK.

Sampai saat ini pihaknya hanya bisa menunggu dan menunggu kepastian Bromo dibuka. Upaya juga tak lupa ia lakukan, yakni berkirim surat ke Gubernur Jatim hingga Kementerian Pariwisata agar Bromo kembali dibuka.

“Semoga segera dibuka, kita sudah tidak sanggup lagi. 6 bulan kita tiarap karena Bromo belum dibuka,”pungkasnya. (ras/lna)

Post Terkait

banner 468x60