Viral Warga Magetan Amankan Pelaku Percobaan Curanmor

  • Whatsapp
warga magetan
Tangkapan layar video viral warga Magetan amankan pelaku percobaan curanmor. (Ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MAGETAN – Warga Desa Ginuk Kecamatan Karas Kabupaten Magetan mengamankan seorang laki-laki diduga hendak mencuri sepeda motor yang diparkir untuk ditinggal bersilaturahmi lebaran. Penangkapan pelaku tersebut sempat direkam oleh warga dan videonya viral menyebar di sejumlah grup WhatsApp warga Magetan.

Kapolsek Karas AKP Bayu Nirbaya Bakti membenarkan peristiwa penangkapan pelaku percobaan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Viral di Madiun, Balon Udara Gagal Terbang dan Nyangkut di Kabel Listrik hingga Meledak

Menurutnya, penangkapan terjadi pada bahwa peristiwa terjadi pada Minggu siang 16 Mei 2021.

“Awalnya laki-laki tersebut tiduran di depan toko warga di desa Ginuk. Sempat ditanya oleh pemilik toko bahwa laki-laki tersebut mengaku sedang istirahat, karena terlihat capek pemilik toko membiarkan, ” kata AKP Bayu kepada nusadaily.com, Senin (17/ 05/ 2021).

Karena laki-laki tersebut tak kunjung beranjak dari tempatnya, pemilik toko curiga dan memasukkan kendaraanya ke dalam toko. Selanjutnya karena masih dalam suasana lebaran, saudara pemilik toko datang naik sepeda motor untuk bersilaturahmi. Belum lama memarkir motornya, laki-laki tersebut langsung menaiki motor yang dibawanya.

Melihat kejadian tersebut, pemilik toko dengan sigap membekuk pelaku dengan cara menendangnya.

“Kebetulan motor yang diparkir kunci masih menancap, pelaku leluasa mengambilnya, namun belum sempat membawa kabur pemilik motor keburu menendang pelaku dan jatuh. Saat itu suasana jalanan memang ramai pelaku kemudian ditangkap ramai-ramai oleh warga yang lain,” jelasnya.

Lebih lanjut, usai pelaku dapat diamankan, warga menghubungi pihak Polsek Karas. Polisi yang datang ke lokasi kemudian membawa pelaku dan barang bukti kendaraan yang dibawa pelaku sebemulnya ke Mapolsek untuk dilakukan penyelidikan.

“Identitas pelaku bernama Afi (22) tahun warga Bale Panjang Sidoarjo Jawa Timur, namun dalam penyidikan saat ditanyai tidak nyambung. Kami curiga bahwa pelaku ini alami gangguan jiwa, kemudian data dan kendaraan yang dibawa pelaku kami sare ke polsek dan polres Ngawi. Dan benar pelaku tercatat sebagai pasien sakit jiwa yang jalani pengobatan pada salah satu pondok di Jogorogo,” imbuhnya.

BACA JUGA: Satreskoba Ngawi Amankan Seorang Pegedar Sabu Modus Ranjau Asal Magetan

Pelaku diketahui sempat kabur membawa kendaraan shogun yang diambil dari warga hingga sampai ke Magetan. Kemudian diamankan warga karena mencoba mengambil kembali kendaraan warga Ginuk Kecamatan Karas.

“Saat ini pihak pondok dan Polsek Jogorogo sudah menjemput pelaku kembali dibawa pulang ke pondok untuk menjalani pengobatan. Selajutnya penangananya kami serahkan kepada Polsek Jogorogo Ngawi,” pungkas Kapolsek Karas. (nto/lna)