Vaksinasi Tahap Dua di Kota Malang Dimulai Besok

  • Whatsapp
Vaksin tahap dua
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Pelaksanaan vaksinasi covid-19 tahap dua termin pertama akan dimulai besok, Rabu (24/2/2021). Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Sri Winarni pada Rabu (23/2/2021) sore.

“Insya Allah vaksinasi tahap kedua akan dilakukan besok. Terkait lokasi pelaksanaan vaksinasi tahap ke dua ini masih menunggu finalisasi teknis,” kata dia.

Baca Juga: Evaluasi PPKM Mikro, 145 RT Zona Kuning Jadi Hijau

Sedangkan, terkait sejumlah dosis vaksin yang baru saja diterima dari provinsi Jawa Timur, akan diprioritaskan untuk petugas pelayanan publik.

“Seperti, Guru, TNI/Polri, Anggota DPRD, tokoh agama, ASN, pegawai BUMN/BUMD, pedagang pasar, petugas pariwisata, Organda, taksi, ojek online, dan jurnalis,” papar dia.

Baca Juga: Tidak Hanya Pejabat, Vaksin Kota Malang Akan Diberikan Kepada Sejumlah Tokoh

Perempuan yang akrab disapa Winarni itu menguraikan, sejak awal bulan Februari 2021, pihaknya telah melakukan pendataan bagi calon penerima vaksin. Pendataan tersebut dilakukan oleh masing-masing instansi.

“”Kalau basisnya instansi, akan lebih mudah. Usulannya nanti by name dan by address. Sehingga, lebih mudah pengecekan berdasarkan instansi itu.Saat ini, sudah masuk di dinkes kota malang datanya sekitar 18.000-an,” kata dia.

Baca Juga: Perketat PPKM Mikro, Pemkot Malang Akan Bangun Posko di Setiap RT

Ditambahkannya, dari jumlah calon penerima vaksin saat ini belum final. Sebab, pihaknya masih terus melakukan pendataan ke masing-masing instansi terkait.

Sehingga, kebutuhan dosis vaksin Covid-19 pun diperkirakan akan bertambah. Nantinya, Pemkot Malang akan menyampaikan usulan permintaan untuk hal tersebut.

“Mekanismenya kebutuhan vaksin ketika ini sudah dilaksanakan. Maka,pengiriman pertama dilakukan untuk petugas pelayanan publik, yang menjadi prioritas dulu. Sisanya, kami akan menyampaikan usulan permintaan tambahan untuk Kota Malang berdasarkan data yang ada,” papar perempuan yang juga menjabat sebagai Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kota Malang ini.

Baca Juga: Kota Malang Usulkan PPKM Mikro Berlanjut, Aktivitas Ekonomi Dilonggarkan

Sementara, berkaitan dengan vaksinasi lansia, masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Sebab, di tahap kedua ini, vaksin Covid-19 untuk lansia baru akan diberikan di masing-masing tujuh ibu kota provinsi Jawa-Bali.

“Jawa Timur salah satunya, baru di Surabaya dulu untuk lansia. Sedangkan Kabupaten/Kota lain nanti menunggu petunjuk dari pusat,” pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang kembali menerima vaksin covid-19 dari Provinsi Jawa Timur, Senin (22/2/2021) malam.

Totalnya, yakni sebanyak 40.600 vial, yang akan digunakan untuk proses vaksinasi tahap kedua. (nda)