Vaksinasi Tahap Awal Kota Malang Dimulai Kamis Besok

  • Whatsapp
vaksin malang
Wali Kota Malang, Sutiaji. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Proses vaksinasi tahap awal di Kota Malang secara simbolis dijadwalkan akan dilaksanakan Kamis (28/1/2021) mendatang di Mini Block Office. Jadwal pelaksanaan vaksinasi tersebut lebih awal dari yang semula dijadwalkan pada bulan Februari 2021.

Dalam prosesi tersebut, ada beberapa tambahan orang yang diusulkan. Selain 10 orang yang pejabat, tokoh agama dan influencer, ada tambahan tiga orang lainnya.

Baca Juga

BACA JUGA: 10 Penerima Vaksin di Kota Malang Ditentukan, Salah Satunya Juragan 99 – Noktahmerah.com

“Untuk proses (vaksinasi tahap awal) simbolis, ada tambahan tiga orang, yakni tenaga kesehatan dari PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia), perwakilan dari persatuan gizi dan perwakilan dari difabel tuna netra,” terang Wali Kota Malang, Sutiaji, Selasa (26/1/2021).

Setelah proses vaksinasi secara simbolis selesai, pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama terhadap tenaga kesehatan yang menjadi prioritas.

BACA JUGA: Sudah Tiba, Vaksinasi Kota Batu Dimulai 28 JanuariImperiumdaily.com

“Kami masih menunggu petunjuk dari pusat. Permintaannya sesegera mungkin, targetnya hingga 2022. Tapi, kalau bisa, tahun 2021 clear dan jangan sampai akhir tahun. Diupayakan sebelum bulan September selesai (proses vaksinasi),” jelas dia.

Pada kesempatan tersebut, Sutiaji menguraikan, Kota Malang telah menerima 10.240 dosis vaksin sinovac pada Senin (25/1/2021) kemarin.

“Kami mendapat jatah dari pusat sebanyak 13.306 dosis vaksin, jumlah yang kami terima 10.240 dosis. Sisanya, setelah ini akan dikirim, masih belum tahu kapan,” pungkas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, vaksin sinovac sudah tiba di Kota Malang, Senin (25/1/2021). Vaksin covid-19 tersebut datang di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang sekitar pukul 18.00 dengan pengawalan ketat dari 10 orang tim Polda Jatim dan kendaraan rantis dari Polresta Malang Kota.

BACA JUGA: Hore, Vaksin Covid-19 Sudah Tiba di Kota Malang

Kepala Dinkes Kota Malang, Sri Winarni mengungkapkan, pada tahap pertama kali ini, ada sebanyak 10.240 unit vaksin yang datang.

“Setelah mendapat update dari Kemenkes (Kementrian Kesehatan), jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terdata sebanyak 13.310 orang. Sementara, yang menjadi sasaran vaksin, sebanyak 10.240 orang. Sehingga, jumlah vaksin yang terdistribusi sesuai dengan jumlah sasaran,” terang dia.

Dia menguraikan, saat ini, pihaknya telah memberikan kepada sejumlah vaksinator di 16 puskesmas di Kota Malang.

“Masing-masing, ada dua nakes yang diberi pelatihan, dalam lima hari ke depan, ada tiga orang lagi. Kemudian, dari RSSA, ada 10 orang yang melakukan on job training untuk pelatihan vaksinator,” imbuh dia.(nda/lna)