Vaksinasi Kabupaten Malang, 10 Pejabat Belum Dapat Persetujuan dari Pusat

  • Whatsapp
Sekda Malang Wahyu Hidayat menjelaskan kesiapan menjelang hari H Vaksinasi dan 10 Pejabat Kabupaten Malang yang belum disetujui pusat

NUSADAILY.COM – MALANG – 10 Pejabat Pemkab Malang yang diajukan untuk menjalani vaksinasi awal Februari mendatang belum mendapat persetujuan dari Pusat.

Talkshow virtual persiapan vaksinasi Covid-19 pagi ini (18/1) dilakukan Pemkab Malang bersama Presiden RI Joko Widodo di Pringgitan Pendopo Agung Malang.

Sekretaris Daerah Malang Wahyu Hidayat memberikan keterangannya terkair 10 pejabat tersebut usai talkshow berlangsung.

Pemerintah Kabupaten Malang telah mengajukan 10 pejabat daerah yang akan divaksin di RSUD Kanjuruhan Kepanjen pada awal hari H.

“Dari 10 yang kita ajukan, sebenarnya belum disetujui oleh Pusat, dan apabila di setujui kita akan menambah 5 pejabat lagi untuk di vaksin tapi belum ditentukan siapa kira kira yang cocok,” pungkasnya.

Adanya video viral para pejabat yang menyatakan ‘saya siap di vaksin’ akhir akhir ini juga diharapkan membuat masyarakat semakin yakin terhadap proses vaksinasi dalam penanganan Covid-19.

Ketika disinggung, apakah ada sanksi jika masyarakat menolak vaksin, dia mengatakan jika untuk saat ini belum ada sanksi.

“Hingga saat ini, jika ada penolakan vaksin dari masyarakat belum ada sanksi. Hanya saja kita berikan pemahaman yang maksimal bahwa ini sangat berdampak,” ungkapnya.

Dari segi persiapannya, diakui Wahyu, Tenaga Kesehatan (Nakes) yang akan bertugas untuk melakukan vaksinasi, jika saaat ini masih dalam tahap pembinaan.

“Saat ini, vaksinator masih dalam tahap pembinaan menjelang hari H vaksinasi, Februari 2021 mendatang,” bebernya.

Wahyu melanjutkan, dosis yang disediakan mencapai 8000 sekian untuk tenaga kesehatan dan itu akan dievaluasi lebih lanjut.

“Itu sebenarnya masih kurang ya, tapi kita masih menunggu kepastian dari Dinas Kesehatan. Biar bagaimanapun kan Dinkes yang melakukan pendataan mana yang harus diutamakan mana yang tidak,” tutup wahyu. (aje/kal)

Pos terkait