Usai Dilantik, Bung Karna Lakukan Penanaman Porang Secara Simbolis

  • Whatsapp
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat memberikan keterangan kepada wartawan seusai melakukan penanaman porang secara simbolis bersama masyarakat (nusadaily.com/ Fathur Rozi)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Sehari setelah acara penyambutan dan doa bersama di Pendopo Bupati, Bung Karna langsung melakukan kunjungan kerja ke Desa Semambung, Kecamatan Jatibanteng.

Kehadiran Bung Karna untuk melakukan penanaman porang secara simbolis. Minggu, 28 Februari 2021.

Bung Karna mengantakan, antusiasme masyarakat untuk menanam porang sangat tinggi. Untuk itu tahun 2021 Pemkab Situbondo telah menyiapkan lahan 6.350 hektar.

“Saya bersyukur alhamdulillah masyarakat yang ada dipinggiran hutan sangat luar bisa untuk menanam porang. Data yang kami terima masa tanam tahun 2021 ada 6000 lebih lahan yang siap,” ujar Bung Karna.

Lebih lanjut pria asal Desa Curah Tatal ini mengaku, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) yang melibatkan tujuh pihak. Yaitu Pemkab Situbondo, Dinas Tanaman Pangan Holticultura dan Perkebunan, BI, Bank Jatim dan BNI, Perhutani, LMND dan PT. Asia Prima Konjac (APK).

“Dalam waktu dekat akan ada kerjasama yang melibatkan tujuh pihak,” ungkapnya.

Mantan Kadis PUPR Lumajang menambahkan, tanaman porang merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh di segala lahan dan tahan terhadap cuaca panas.

“Porang ini tanaman dimana-mana bisa tumbuh. Sehingga tidak memerlukan perawatan. Apalagi dirawat dengan baik, pasti hasilnya memuaskan,” pungkasnya. (fat/kal)