Tingkat Kematian Covid-19 di Kota Batu 7 Persen

  • Whatsapp
covid-19 kota batu
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan usai melakukan prosesi pemakaman pasien Covid-19. (wok/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Per 6 Agustus 2020, kasus terkonfirmasi Covid-19 Kota Batu mencapai 183 kasus. Tingkat kesembuhan mencapai 81 persen atau 148 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan tingkat kematian hanya berkisar 7 persen atau 13 orang meninggal. 22 orang lainnya atau 12 persen masih berstatus aktif.

Tingkat kematian di Kota Batu tergolong rendah yang berkisar 7 persen. Berbeda dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang yang mencapai 8,1 persen. Meski begitu, secara akumulatif, fatality rate di Malang Raya lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional yang berkisar 4-5 persen.

"
"

Baca Juga

"
"

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M Chori mengatakan, proses penyembuhan bersifat self healing, meningkatkan imunitas dan aspek psikis. Karena selama ini belum ada vaksin.

“Tingkat kesembuhan secara umum dipengaruhi dari daya tahan tubuh pasien dan juga respon tubuh terhadap pengobatan yang diberikan,” ujar Chori.

Chori juga mengatakan, pasien yang dirawat di RS mendapatkan pelayanan kesehatan dengan baik. Pemkot Batu berupaya memfasilitasi kebutuhan pasien agar segera sembuh. Pun pasien yang berada di shelter dan isolasi mandiri di rumah. Ia menambahkan, seluruh pasien dirawat di RS, dipastikan mendapat pelayanan kesehatan maupun gizi sesuai standar.

“Sedangkan pasien yang berada di shelter, selain asupan makanan yang sesuai standar gizi, juga diberikan suplemen multivitamin,” imbuh Chori.

Selama masa pemulihan, pasien menjalani aktivitas fisik menjaga kebugaran tubuh. Seperti rutin melakukan senam pagi. Termasuk pendekatan melalui aspek psikis. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat kesembuhan pasien.

Pada 1 hingga 3 Agustus, Kota Batu sempat mencatat nol tambahan kasus. Namun pada 4 Agustus, ada tambahan tiga kasus baru. Dikatakan Chori, tidak adanya tambahan kasus karena hasil swab yang dikirim ke lab rujukan masih belum keluar.

Ia mengingatkan, meskipun selama 3 hari tidak ada penambahan kasus konfirm bukan berarti kondisi di Kota Batu sudah aman dari Covid-19.

“Kita harus tetap meningkatkan kewaspadaan dan melaksanakan protokol kesehatan. Serta berharap pandemi Covid-19 dapat kita kontrol supaya tingkat penularan dan persebaran dapat diturunkan,” ujar Chori.(wok/lna)

Post Terkait

banner 468x60