Tim Seleksi Pemilihan KPID Jatim Dibentuk di Kota Batu

  • Whatsapp
KPID
Suasana rapat penetapan tim seleksi KPID Jatim yang digelar di Kota Batu
banner 468x60

NUSADAILY.COM -KOTA BATU– Tim seleksi Pemilihan KPID Provinsi Jawa Timur periode 2021-2024 resmi terbentuk. Akhmad Muzakki, yang juga Sekretaris PWNU Jatim diberi amanat sebagai Ketua Tim Seleksi dalam pembentukan tim seleksi di Kota Batu ini.

Akhmad Muzaki ditetapkan sebagai ketua tim seleksi berdasarkan Keputusan Gubernur Jatim Khofifah Indar Pawaransa bernomor 88/521/KPTS/013/2020//. Tim ini terdiri dari lima orang dan ditetapkan Diskominfo Jatim setelah menggelar rapat penetapan tim seleksi KPID Jatim di Kota Batu (Jum’at, 20/11).

Kelima diantaranya yakni Akhmad Muzaki sebagai ketua,  Eko Rinda Prasetyadi  menjadi wakil ketua. Serta tiga anggota lainnya Bambang Budiono, Errol Jonathan dan Benny Sampirwanto sebagai Kepala Diskominfo Provinsi jawa Timur.

“Berkaitan dengan hal tersebut,  Diskominfo Provinsi Jatim menggelar rapat penetapan tim seleksi KPID Provinsi Jatim periode 2021-2024,” timpal Kepala Diskominfo Jatim, Benny Sampirwanto dilansir Nusadaily.com.

Ia menambahkan, sesuai dengan UU Penyiaran, kewenangan pembentukan anggota KPID merupakan kewenangan DPRD, dalam hal ini Komisi A. Namun bisa dilimpahkan kepada Gubernur Jatim berdasarkan SK penetapan.

Benny menjelaskan, anggota tim KPID adalah sosok berkompetensi, berintegritas dan mendedikasikan diri untuk membentuk anggota KPID yang andal dan berintegritas.

Saat ini, lanjut dia, peran media mainstream sangat penting. Setidaknya terdapat sepuluh peran media yang sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Antara lain sebagai penyebar informasi, hiburan, pendidikan. Dan fungsi terbaru sebagai lembaga anti hoax.

“Ketika terpaan media sosial begitu kencang, masyarakat selalu berpatokan kepada media arus utama untuk kroscek kebenaran informasi tersebut,” kata dia.

Karena itu, lanjut Benny, media massa arus utama sangat penting dan KPID memiliki fungsi kontrol terhadap konten siaran. Kemudian berperan memberikan izin siaran dan memberikan edukasi siaran yang sehat.

“Tugas timsel mengumumkan kepada masyarakat adanya seleksi anggota KPID ini. Kemudian menerima, menampung calon, melaksanakan dan menetapkan calon anggota sementara yang telah memenuhi persyaratan dan ditetapkan gubernur,” papar dia.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan integritas yang dilakukan oleh tim seleksi KPID yang baru saja ditetapkan, dihadapan para undangan yang berasal dari kalangan media massa dan akademisi di Jawa Timur.

Sementara Akhmad Muzaki menegaskan,  lima anggota tim seleksi KPID merupakan orang yang berintegritas. Tim seleksi ini diberi amanat gubernur untuk melakukan seleksi. Hingga kemudian akan melahirkan calon-calon komisioner yang nanti penetapannya akan dilakukan DPRD Provinsi Jatim.

“Berkomitmen menyeleksi calon-calon KPID yang berintegritas. Terlebih  ruang publik di masa mendatang tidak hanya diramaikan oleh para pemain di dunia nyata. Namun juga harus dihiasi oleh konten siaran yang memperkuat rasa nasionalisme, memperkuat keragaman masyarakat,” papar dia. (wok/wan)

Post Terkait

banner 468x60