Tiger Hole, Penghubung Wisatawan dan Harimau Sumatera

  • Whatsapp
Lembaga konservasi Suaka Marga Satwa membuat tiger hole di Batu Secret Zoo Jatim Park 2
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Sebuah lorong bermaterial kawat jaring sepanjang 70 meter dipasang memutar di atas kandang harimau yang berada di area Tiger Land Batu Secret Zoo Jatim Park 2 Kota Batu. Lorong itu dibuat Lembaga konservasi Suaka Marga Satwa dengan nama ‘tiger hole’.

Baca Juga

Tiger hole ini dirancang untuk lintasan harimau sehingga pengunjung bisa lebih dekat mengatamati gerak gerik hewan karnivora ini dengan aman.

Agus Mulyanto General Manager Jatim Park 2 mengaku desain ini baru kali pertama diterapkan kebun binatang se Indonesia. Pengunjung pun bisa berinteraksi dengan memberikan daging melalui lorong itu.
 “Daging disiapkan gratis untuk pengunjung agar bisa merasakan sensasi memberi makan kepada hewan buas tersebut melalui lorong ini,” terang Agus dilansir Nusadaily.com.

Tiger hole  akan dimulai pasa pukul 11.00 WIB sedangkan untuk merasakan sensasi feeding akan dimulai pukul 13.00 WIB. Pemberian feeding dikatakan akan dibatasi dengan memberikan satu hingga dua daging untuk wisatawan secara gratis yang nantinya akan kembali diberikan kepada harimau.

Gunadi Ketua Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) menilai inovasi ini cukup unik. Ruang geraknya pun memberi keleluasaan harimau beraktivitas.

“Terlebih program breeding disini juga bisa dikatakan lancar karena terdapat 29 ekor harimau dengan 6 jenis berbeda yang dikembangkan seperti yang dikatakan oleh GM Jatim Park 2 tadi,” tuturnya. 

Oleh sebab itu dengan ada spot ini nantinya keeper selain memberikan pendampingan feeding kepada wisatawan juga bisa memberikan edukasi bagaimana pentingnya menjaga hewan buas yang terancam punah. Menurutnya, populasi harimau Sumatera hanya tersisa 600 ekor saja.

“Harimau Sumatra merupakan hewan buas eksotis yang hanya ada di Indonesia dan jangan sampai punah seperti nasib dari harimau lainnya,” ujar Gunadi.

Ia juga berharap kedepannya Jatim Park 2 bisa semakin mengembangkan program breeding demi menyelematkan status konservasi harimau saat ini. (wok/wan)

Post Terkait

banner 468x60