Tekan Penyebaran Covid-19, Polresta Makota Tambah Kampung Tangguh Semeru

  • Whatsapp
kampung tangguh
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata ketika meresmikan Kampung Tangguh Semeru, Jumat (5/2/2021).(istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Mencegah penyebaran Covid-19, Polresta Malang Kota dan Kodim 0833 Kota Malang menambah Kampung Tangguh Semeru. Salah satunya, di Jalan Mawar Gang I, RW 14 Kelurahan Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang yang diresmikan, Jumat (5/2/2021).

“Kami menambah kuantitas Kampung Tangguh Semeru yang terus dinamis. Utamanya, pada lokasi yang kasus konfirmasi positifnya terus bertambah,” terang Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata.

Baca Juga

BACA JUGA: Kampung Tangguh Jaya Efektif Tekan COVID-19

Melalui Kampung Tangguh Semeru, ia berharap, sosialisasi terkait protokol kesehatan bisa dilakukan, baik melalui tokoh agama maupun tokoh masyarakat setempat.

“Yang paling penting adalah sosialisasi protokol kesehatan 5M, yakni menggubakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan air mengalir, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” kata dia.

Sarana Edukasi Masyarakat

Tak hanya itu, Kampung Tangguh Semeru juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat untuk tidak menghindari pasien yang telah terkonfimasi positif Covid-19.

“Tidak perlu takut untuk mengakui dan bisa langsung dikoordinasikan dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada. Nantinya, akan diarahkan untuk mendapatkan perawatan menuju safe house atau RS Lapangan, karena sudah tidak boleh ada isolasi mandiri (isoman),” imbuh dia.

BACA JUGA: Sidak Kampung Tangguh, Kapolresta Malang Kota Intip Rumah Isolasi Pasien Covid-19

Saat ini, lanjut Leo, sudah ada sebanyak 85 Kampung Tangguh Semeru. Ke depan, pihaknya akan menambah sekitar 13 hingga 17 lokasi.

“Sehingga, jumlahnya bisa melewati angka 100 Kampung Tangguh Semeru,” papar dia.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya terus memberikan motivasi agar masyarakat turut berperan aktif.

“Jika masyarakat berperan aktif, Insha Allah akan bertahan dan mampu mengurangi angka penyebaran covid-19,” kata dia.

Sementara itu, Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona menambahkan, melalui Kampung Tangguh Semeru, masyarakat juga bisa menambah pengetahuan, utamanya terkait proses vaksinasi yang saat ini tengah dilakukan.

“Bisa memberikan imbauan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sebagai salah satu bentuk pencegahan penularan Covid-19 untuk membentuk herd immunity,” sambung dia.

Serta, bisa membantu pemerintah untuk meminimalisir adanya hoaks yang menyebar.

“Berbagai informasi bisa disaring dan mencegah penyebaran berita bohong,” tandas dia.(nda/lna)