Tangan Jail Pendaki Gunung Butak Mengebiri Kelestarian Edelweiss

  • Whatsapp
Bunga Edelweis berada di lereng dan puncak Gunung Buthak
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Jalur pendakian ke Gunung Panderman dan Gunung Buthak Kota Batu dibuka sejak awal September lalu. Dari data yang dihimpun Pos Pantau Gunung Panderman dan Gunung Butak, sudah ratusan pendaki berdatangan. Mereka wajib membawa surat keterangan sehat. Maraknya kunjungan, tak lepas dari ulah tangan jail beberapa pendaki yang memetik bunga Edelweiss.

Daya pikat bunga abadi ini membuat beberapa pendaki ingin memetiknya untuk dibawa pulang. Namun perbuatan ini tak diperbolehkan karena tergolong tanaman yang dilindungi. Bunga Senduro, nama lain Edelweiss berada di kawasan konservasi yang menjaga ekosistem pegunungan.

Larangan memetik tanaman ini tertuang dalam UU Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya hayati ekosistem. Serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

Penjaga Pos Pantau Gunung Panderman dan Gunung Buthak, Sardi mengatakan, pihaknya selama ini melakukan sosialisasi kepada pendaki sebelum melakukan pendakian. Bahkan pihaknya juga selalu mengingat pendaki agar menjaga kebersihan dan tidak mengambil bunga Edelweis. Ia tak ingin Edelweiss yang terhampar di Gunung Buthak lama kelamaan punah karena tindakan dari tangan-tangan jail.

“Kami tidak mau bunga Edelweiss di Gunung Buthak ini punah karena jumlahnya kini tinggal sedikit,” jelas Sardi dilansir Nusadaily.com.

Pembukaan jalur Gunung Panderman dan Gunung Buthak karena meningkatnya permintaan masyarakat. Melalui Perhutani KPH Malang, pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan resmi kepada Satgas Covid-19 Kota Batu.

“Protokol kesehatan sudah kami terapkan. Fasilitas wastafel, thermal gun dan pembatasan pendaki semua telah kami lakukan,” kata Sardi.

Lonjakan kunjungan akan meningkat sampai 300 orang saat akhir pekan. Untuk di hari biasa sekitar belasan orang yang menyusuri jalur pendakian Gunung Panderman dan Gunung Buthak. Pendaki juga dibatasi maksimal 200 orang. Syarat yang harus dipenuhi pendaki yakni dinyatakan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat.

“Pemakaian masker juga diwajibkan dan mereka diperiksa suhu tubuhnya di loket masuk,” tandasnya. (wok/wan)