Staf Dimutasi Sepihak, Empat Pimpinan Komisi ‘Adili’ Sekretaris DPRD Kabupaten Pasuruan

  • Whatsapp
Rapat kerja gabungan komisi dengan sekretaris DPRD Kabupaten Pasuruan.(foto: oni/nusadaily.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM -PASURUAN – Melampiaskan kejengkelannya, empat pimpinan komisi ‘mengadili’ Sekretaris DPRD Kabupaten Pasuruan, Abdul Munif. Penyebabnya, seorang staf pendamping Komisi III, Kharisma, dimutasi secara sepihak ke Kecamatan Sukorejo tanpa melakukan konsultasi lebih dulu.

"
"

Baca Juga

"
"

Ketua Komisi III, Syaifullah Damanhuri, mengaku merasa dilangkahi atas keputusan mutasi per 1 Agustus kemarin. Apalagi mutasi staf tersebut tanpa ada orang pengganti yang mengerti akan tugas-tugas pendampingan komisi.

“Kami yang paling mengerti tentang kinerja pendamping komisi seharusnya diajak bicara. Usulan mutasi hanya atas persetujuan ketua, tetapi bukan atas persetujuan pimpinan dewan. Apalagi mutasi dilakukan menjelang masa persidangan lanjutan,” kata Gus Saifull, panggilan akrabnya.

Ruslan, Ketua Komisi IV, yang mensinyalir ada upaya untuk mengacaukan kepegawaian dan administrasi di lembaga dewan. Ia menyontohkan bahwa disposisi surat kerap kali terjadi kekeliruan antar komisi. Keteledoran ini menjadi penghambat kinerja komisi dalam menjalankan tugasnya.

Hal senada disampaikan Joko Cahyono, Ketua Komisi II yang menyebut adanya politisisasi dalam lembaga dewan. Persoalan kecil yang seharusnya bisa diselesaikan dengan baik, malah dibiarkan hingga menjadi bola salju.

“Lembaga dewan adalah lembaga politis yang tidak perlu dipolitisasi lagi. Jika persoalan kecil saja tidak bisa diselesaikan, kami tentu juga bisa mengusulkan pergantian (mutasi) Sekwan,” tegas Joko Cahyono.

Dari hasil rapat kerja gabungan komisi tersebut, direkomendasikan agar staf yang dimutasi dikembalikan pada posisi semula sebagai pendamping Komisi III. Surat keputusan Badan Kepegawaian hendaknya segera dilakukan revisi dengan mempertimbangkan usulan dari rapat kerja gabungan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris DPRD, Abdul Munif, menyatakan akan melakukan konsultasi atas keberatan mutasi tersebut. Namun dalam keterangan di halamanhadapan rapat kerja gabungan, mutasi staf tersebut sudah dilakukan sesuai prosedur. (oni/aka)

Post Terkait

banner 468x60