Sodikul Amin Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang, PDIP Setuju

  • Whatsapp
Sodikul Amin, Plt Ketua DPRD (kiri) bersama Ketua DPRD Kabupaten Malang sebelumnya, Didik Gatot Subroto dalam sidang paripurna
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – MALANG – Sodikul Amin jadi Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang setelah ketua sebelumnya, Didik Gatot Subroto mengundurkan diri. Politisi Partai NasDem ini menyebut, dia ditunjuk Plt Ketua berdasarkan kolektif kolegial setelah pimpinan DPRD Kabupaten Malang berdiskusi. 

Baca Juga

“Pengisian Plt Ketua berdasarkan pengunduran diri mantan Ketua DPRD sebelumnya karena mencalonkan diri di Pemilukada 2020. Terkait pengisian Plt Ketua sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 12 tahun 2008 terkait mekanisme bagaimana yang harus dilakukan menentukan Plt,” jelas Sodikul Amin, Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang dilansir Nusadaily.com.

Mekanismenya, kata dia, ketika ketua DPRD mengundurkan diri langsung dirembuk bersama untuk menunjuk siapa yang akan menjadi Plt. Proses juga tidak  rumit yakni Wakil Ketua berembuk untuk menentukan siapa ditunjuk. 

“Tugas dan kewenangannya diatur dalam Pasal 33 Peraturan Pemerintah No 12 tahun tahun 2008 terkait kewenangan dan tanggung jawab pimpinan dan tidak ada pengecualian. Mulai memimpin rapat dan mengkonsulidasikan ke lembaga lembaga atas nama DPRD”, sambungnya.

Jabatan Plt berakhir sampai adanya Ketua definitif dari PDIP.  Karena PDIP adalah partai pengusung Ketua DPRD. Ketua definitif  masih menunggu usulan PDIP ke DPRD siapa yang akan menjadi ketua pengganti Didik Gatot Subroto

“Sudah disetujui. Itu yang menentukan dari musyarawah Wakil Ketua sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah,” tutupnya. (aje/wan)

Post Terkait

banner 468x60