Selesai Jalani Isolasi, 39 Pasien COVID-19 OTG Banyuwangi Dipulangkan 

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Sebanyak 39 pasien COVID-19 tanpa gejala klinis yang menjalani isolasi di Gedung Pelatihan dan Pendidikan PNS Banyuwangi dinyatakan sembuh. Mereka pun diperbolehkan untuk pulang ke rumah dan beraktifitas normal seperti biasanya.

Baca Juga

“Mulai awal hingga sekarang, total sudah ada 48 pasien OTG yang menjalani isolasi di Balai Diklat PNS. Dimana 39 pasien sudah menyelesaikan masa isolasi dan dinyatakan sembuh. Sisanya masih jalani isolasi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono, Minggu 18 Oktober 2020.

BACA JUGA: Polisi Amankan Artis Sinetron RR Diduga Terkait Narkoba

Menurut dr. Rio, selama menjalani isolasi di Balai Diklat PNS, pasien dipastikan harus melaksanakan protokol kesehatan ketat. Termasuk petugas kesehatan dan keamanan yang berjaga. 

“Langkah ini agar tidak terjadi transmisi lokal penyebaran COVID-19, ” tegasnya. Selain itu, Satgas COVID-19 juga memastikan lokasi karantina steril dari pihak luar. 

“Warga dilarang masuk ke dalam. Dan sebaliknya, pasien dilarang keluar dari lokasi karantina. Setiap hari, kamar pasien kita semprot disinfektan. Untuk bungkus makanan kita gunakan yang sekali pakai dan bisa langsung dibakar,” imbuhnya.

Kegiatan pasien

Selama menjalani masa isolasi, para pasien OTG juga dipastikan dalam keadaan fresh, baik kondisi tubuhnya maupun pikirannya. “Subuh kita bangunkan untuk salat bersama. Kemudian jam 6 pagi sarapan, dilanjutkan senam di halaman mulai jam 7 sampai setengah 8 agar mereka terkena sinar matahari,” ungkapnya.

“Saat sore hari, kita siapkan kegiatan olahraga, mulai dari bola plastik dan juga tenis meja. Di dalam kamar, kita sediakan televisi, Wi-fi, dispenser dan kompor untuk membuat teh, kopi, maupun mie,” imbunnya.  

Rio menambahkan, saat ini Banyuwangi sudah kembali menjadi zona oranye. Hal itu menyusul banyaknya tingkat kesembuhan pasien COVID-19. 

Berdasarkan data dari Satgas COVID-19 Banyuwangi, perhari ini (18 Oktober 2020) kasus Coronavirus mencapai 1.608 orang. Tingkat kesembuhan mencapai 1.219 pasien dan 187 pasien masih menjalani perawatan.

Meski tingkat kesembuhan tinggi, Rio tetap mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Mengingat angka kematian pasien COVID-19 cukup tinggi, yakni mencapai 130 orang.

BACA JUGA: Mayat Membusuk di Kawasan Tambang Emas Ilegal Gunung Manggar Jember

“Ayo disiplinkan diri masing-masing. Tetap pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak. Hindari kerumunan, sering berolah raga,” imbaunya. (ozi/kal)

Post Terkait

banner 468x60