Seleksi CPNS Kota Malang Ditunda, Tunggu Instruksi Pusat

  • Whatsapp
cpns malang
Ilustrasi seleksi CPNS.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Tahapan dan syarat seleksi untuk formasi CPNS-PPPK ditunda. Dari yang semula dijadwalkan hari ini, Senin (31/5/2021), harus mundur dan menunggu instruksi pusat selanjutnya.

Plt Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, M Nur Widianto menjelaskan, terkait seleksi CPNS-PPPK, Pemkot Malang menunggu arahan selanjutnya menyusul perintah penundaan pembukaan dari pusat.

Baca Juga

“Proses pembukaan pendaftaran kami menunggu info lebih lanjut lagi dari pusat. Maka, Senin (31/5/2021) nanti, belum dilakukan proses yang dimaksud (proses pembukaan pendaftaran CPNS-PPPK di lingkungan Pemkot Malang,” terang dia, Senin (31/5/2021).

BACA JUGA: Kota Malang Dapat Kuota CPNS 1.605 Formasi

Menurut pria yang akrab disapa Wiwid tersebut, alasan kemunduran pembukaan CPNS-PPPK ini dikarenakan terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS dan PPPK yang belum ditetapkan pemerintah pusat.

Hal ini juga dijelaskan dalam Surat BKN (Badan Kepegawaian Negara) No 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tentan Pengadaan CPNS dan PPPK non-Guru Tahun 2021 tertanggal 28 Mei 2021.

Dalam surat yang ditandatangani Kepala BKN Bima Haria Wibisana tersebut dijelaskan, masih ada beberapa peraturan pengadaan CPNS dan PPPK non-guru dan PPPK Guru tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah.

Serta, masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi. Maka, kedua alasan ini membuat jadwal pelaksanaan seleksi ditunda dari jadwal awal. Daerah diminta menunggu informasi selanjutnya.

“Untuk persiapan lain juga akan menunggu informasi lebih lanjut. Pedomannya arahan dari pusat,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan keputusan pemerintah pusat, yakni KemenPANRB, Kota Malang mendapat kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 1.605 formasi. Hal tersrbut terbagi dalam formasi CPNS dan PPPK di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Tahun ini, posisi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibuka sebanyak 1.348 lowongan.

BACA JUGA: Penerimaan CPNS Kabupaten Malang Berlangsung Juni, Ini Perkiraan Kuotanya

Untuk PPPK, menurut data BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM) Kota Malang, totalnya ada 1.348 formasi. Terdiri dari PPPK Tenaga Guru sebanyak 1.211 dan PPPK Tenaga Teknis sebanyak 137 formasi.

Sementara, untuk kuota CPNS, terdapat total 257 formasi. Rinciannya, CPNS untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) sebanyak 102 formasi. Sedangkan, Tenaga Teknis dibuka untuk 155 formasi.(nda/lna)