Secuilpun Bina Marga Tak Sediakan Info Jalan Rusak ke data ‘Jember Dalam Angka’

  • Whatsapp
Dikutip melalui dokumen yang dirilis oleh BPS bertajuk 'Jember Dalam Angka' Tahun 2021 pada halaman 393. (nusadaily.com/ Sutrisno)
Dikutip melalui dokumen yang dirilis oleh BPS bertajuk 'Jember Dalam Angka' Tahun 2021 pada halaman 393. (nusadaily.com/ Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Bupati Jember, Hendy Siswanto telah mengucapkan janji dengan diksi ‘perbaikan’ jalanan rusak yang akan dikerjakan hanya dalam tempo sangat singkat.

“Kami akan menyelesaikan perbaikan infrastruktur di Jember ini. Jalan-jalan yang sudah tidak layak lagi dilewati. Kami akan menyelesaikan sekitar 800 kilometer memperbaiki jalan 8 bulan,” janji yang dikatakan saat pidato perdana, Jum’at, 26 Pebruari 2021 dilansir Nusadaily.com.

Baca Juga

Minggu, 28 Pebruari 2021, nusadaily.com menelusuri data tentang kondisi jalan dengan membuka data resmi Badan Pusat Statistik (BPS) bertajuk ‘Jember Dalam Angka’ tahun 2021.

Hasilnya, BPS tidak mengisi sepenuhnya kolom yang seharusnya termuat informasi kondisi jalan baik, rusak sedang, dan berat. BPS sekadar memberi catatan dengan tanda bintang, bahwa sebagian data yang tersedia hanya berasal dari Dinas PU Bina Marga Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Sedangkan, menurut BPS bahwa Dinas PU Bina Marga Jember sama sekali tidak memberikan data. Sehingga, tiada informasi perihal kondisi jalan yang seharusnya ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Jember. 

Padahal, beragam fakta menunjukkan terjadinya kerusakan parah jalanan di bawah tanggung jawab Pemkab Jember. Sebab, kerusakan jalan sudah banyak dikeluhkan warga dengan tiap hari memposting ke media sosial, dan tentu hal itu juga tercermin dari respon serius berupa janji oleh Hendy.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU Bina Marga Jember, Yessiana Arifa saat dikonfirmasi sempat membalas dengan dua baris pesan, namun seketika dihapus olehnya. Dia kemudian memilih diam tanpa komentar apapun.

Berdasarkan pantauan Nusadaily.com jalanan rusak merata mulai pelosok desa hingga kawasan pusat perkotaan. Misalnya, di wilayah selatan kerusakan sangat parah tampak pada jalan arah dari Kecamatan Ambulu menuju Tempurejo; bagian barat kerusakan jalan berupa banyak lubang pada akses antara Kecamatan Kencong, Gumukmas hingga menuju Semboro dan Tanggul.

Kerusakan jalan kawasan timur dan utara mulai Kecamatan Silo, Ledokombo, Sumberjambe, Kalisat, Sukowono, Jelbuk, dan Arjasa. Sedangkan, di perkotaan nampak nyata terlihat di jalan Mastrip, jalan Cendrawasih, jalan Letjen Sutoyo, dan berbagai ruas jalan dalam kawasan Kecamatan Kaliwates, Patrang, dan Sumbersari.

Secara keseluruhan panjang jalan di Kabupaten Jember adalah 2.972,3 kilometer. Terdiri atas jalan negara 80,1 kilometer; jalan provinsi 196,4 kilometer; dan jalan kabupaten 2.695,7 kilometer. Wujudnya dalam bentuk jalan aspal 2.321,6 kilometer; jalan kerikil 299,8 kilometer; jalan tanah 33,9 kilometer; dan lainnya 40,3 kilometer. (sut/wan)