Sebelum Pindah Tugas, Kapolres Jember Bicara Unjuk Rasa dan Kebebasan Pendapat

  • Whatsapp
ARIS JEMBER
'Deklarasi Tolak Anarkisme' di Polres Jember. ( nusadaily.com/ Sutrisno)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jember AKBP Aris Supriyono segera menduduki pos jabatan baru dalam waktu dekat. Potongan salinan dokumen telegram rahasia telah beredar luas, menyebut Aris bakal menjadi Wakil Direktur Reserse Narkoba di Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Adapun penggantinya yakni AKBP Arif Rachman Arifin, mantan Kapolres Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga

BACA JUGA: Ribuan Personel Gabungan Amankan Unjuk Rasa dan Hak Menyatakan Pendapat DPRD Jember

Jelang promosi, Aris mengadakan acara bertajuk ‘Deklarasi Jember Tolak Anarkisme’ di Mapolres Jember pada Jumat, 16 Oktober 2020.

Acara tersebut dilatarbelakangi peristiwa unjuk rasa serentak sebagai aksi penolakan terhadap pengesahan Omnibus Law ‘RUU Ciptaker’ beberapa waktu lalu.

Aris berkata, demonstrasi masih diwarnai tindak kekerasan. “Kemarin aksi sedikit tidak mengenakkan,” ungkapnya.

Hal yang dimaksud tidak lain insiden pelemparan batu yang memecahkan kaca gedung DPRD serta pelibatan anak dibawah umur.

“Yang kami rekam kamera bukan hanya mahasiswa, tapi juga pelajar sekolah,” urai mantan Kapolres Brebes tersebut.

Menurut dia, demonstrasi adalah bagian dari ekspresi kebebasan dan berpendapat. Kepolisian sebatas pengamanan, tidak pernah melarang setiap warga negara berbicara di muka umum.

Aris berharap melalui konsensus bersama kali ini, maka kedepan tidak ada lagi tindakan anarkisme. Komitmen berlaku bagi polisi maupun masyarakat.

“Deklarasi menolak anarkisme kita inginkan selanjutnya bukan hanya manis-manis di mulut saja, tapi betul-betul kita laksanakan bersama. Kami segera promosi ke Polda, terima kasih kepada semuanya. Kami akan terus menjaga silaturahim dimanapun bertugas,” ucap Aris.

BACA JUGA: Di Jember, Demonstran Penolak Omnibus Law Jatuh Pingsan

Acara deklarasi terlihat dihadiri pegiat organisasi kepemudaan maupun sosial – kemasyarakatan. Diantaranya PCNU Jember, PCNU Kencong, PD Muhamadiyah, GP Ansor, Pemuda Pancasila.

Bahkan, ada juga dari unsur pejabat seperti beberapa Asisten Bupati Jember, dan Pimpinan DPRD. (sut)

Post Terkait

banner 468x60