Selasa, Desember 7, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaRegionalSatpol PP Kota Malang Berikan Sanksi Tipiring Terhadap Kafe yang Langgar Prokes

Satpol PP Kota Malang Berikan Sanksi Tipiring Terhadap Kafe yang Langgar Prokes

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Malang memberikan sanksi berupa tindak pidana ringan (tipiring) terhadap salah satu kafe di Kota Malang, Rabu (27/10/2021). Sebab, kafe yang terletak di kawasan Sudimoro tersebut sempat menggegerkan jagad media sosial lantaran menggelar acara musik yang melanggar protokol kesehatan (prokes) pada akhir September lalu.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Kota Malang Rahmat Hidayat, mengatakan, pemberian sanksi tersebut lantaran pengelola kafe melanggar Peraturan Wali Kota (Perwal) No 30 Tahun 2020. Selain kafe, ada sejumlah tempat hiburan lain yang juga dikenakan denda lantaran melakukan pelanggaran yang sama.

“Untuk pengelola kafe, kami kenakan denda Rp 10 juta. Lalu untuk pengelola karaoke, dikenakan denda Rp 5 juta. Terakhir, pengelola karaoke lainnya, kami kenakan denda Rp 5 juta,” terang dia.

Dirinya menjelaskan, peserta sidang tipiring itu seharusnya diikuti oleh 33 orang. Namun, ada beberapa yang tidak hadir.

“Peserta sidang yang tidak hadir, akan mendapatkan surat panggilan dari Kejari Kota Malang,” imbuh dia.

Dirinya mengungkapkan selain pelanggar prokes, kegiatan sidang tipiring itu juga diikuti oleh pemilik reklame yang tidak membayar pajak dan memiliki izin.

“Para pemilik reklame itu kami tindak karena tidak punya izin dan tidak membayar pajak. Hasil dari operasi yang kami lakukan dan temuan dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang. Selain pemilik reklame, sidang tipiring juga diikuti oleh pedagang kaki lima (PKL) dan jukir parkir liar,” jelas dia.

Dalam kesempatan tersebut, Rahmat mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Jangan lalai dan jangan lengah. Karena pandemi Covid 19 masih berlangsung. Tetap selalu gunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan,” tandas dia.(nda/aka)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Peningkatan aktivitas gunung Semeru ##tiktokberita

♬ suara asli - Nusa Daily