Sapa Nelayan, Ipuk-Sugirah: Sektor Perikanan Jadi Jangkar Pemulihan Ekonomi

  • Whatsapp
ipuk nelayan
Ipuk Fiestiandani Azwar Anas saat Menyapa Masyarakat Nelayan di Kecamatan Muncar. (ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Pasangan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah terus melakukan safari politik untuk menggalang dukungan dalam kontestasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020.

Kali ini, duet yang diusung lima partai politik itu menyambangi masyarakat nelayan di Kecamatan Muncar. Didampingi simpatisan Partai NasDem, Ipuk dan Sugirah berkunjung ke Pasar Muncar, tempat pelelangan ikan, gudang pengolahan ikan dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer.

"
"

Baca Juga

"
"

Dalam kesempatan ini Ipuk – Sugirah menyempatkan waktu untuk menyapa warga sembari membagikan masker. Tak lupa, mereka juga mengingatkan warga agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

BACA JUGA: Ipuk F. Azwar Anas: Pelajar Banyuwangi Penggerak Ekonomi Kreatif

“Ekonomi memang penting, tapi menjaga kesehatan juga penting. Karena itu terapkan protokol kesehatan,” kata Ipuk.

Usai membagikan masker, Ipuk dan Sugirah bersama warga berkumpul di Posko Kemenangan yang diprakarsai oleh anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi NasDem, Ali Mustofa. Di sana, Ipuk dan Sugirah memaparkan program kesejahteraan nelayan dan petani.

Pengembangan Sektor Perikanan Banyuwangi

Ipuk menyadari adanya pandemi covid-19 ini berdampak pada ekonomi warga. Termasuk masyarakat nelayan dan petani yang ada di Kecamatan Muncar. Dia pun membeberkan sejumlah program untuk mengembangkan sektor perikanan dan pertanian di Banyuwangi.

Mulai dari mengintegrasikan seluruh komponen dari hulu ke hilir, termasuk juga berbagai program bantuan peralatan dan instrumen penunjang sektor perikanan dan pertanian. “Intinya program yang kita canangkan ialah bagaimana sektor perikanan dan pertanian menjadi jangkar pemulihan ekonomi di masa pandemi COVID-19,” ungkap isteri Bupati Anas ini.

Melalui sektor perikanan dan pertanian, nantinya akan banyak dibuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat menggeliatkan kembali perekonomian masyarakat. “Termasuk juga kita kolaborasikan dengan sektor pariwisata yang selama ini menjadi unggulan Banyuwangi,” imbuhnya.

Cawabup Sugirah menambahkan, sektor pertanian akan terus dijaga dan ditingkatkan sebagai pilar ekonomi Jawa Timur. Apalagi, Banyuwangi selama ini dikenal sebagai salah satu lumbung pangan di Jatim dan nasional.

BACA JUGA: Daftar Cabup – Cawabup Banyuwangi, Ipuk – Sugirah Fokus Buka Lapangan Kerja

”Saya petani mulai dari nol, kaki dan tangan saya berlumpur, saya mengolah lahan dengan tangan dan kaki saya sendiri. Telah lama saya menggeluti pertanian. Jadi soal program pertanian dan perikanan, kami sudah siapkan semuanya lengkap, karena kami pelaku di dalamnya, tahu betul A sampai Z,” ujar Sugirah.

Dalam kesempatan ini, relawan Ipuk-Sugirah yang diprakasai Ali Mustofa juga membagikan kursi roda untuk para lanjut usia yang membutuhkan. “Saya teringat orangtua saya yang sudah tidak bisa jalan. Keinginan mereka, ingin keluar rumah ditemani anak-anaknya. Karena itu kami memberikan kursi roda bagi para orang tua yang membutuhkan,” kata Ali.

Selain kursi roda para relawan juga memberikan sepeda BMX pada anak-anak yatim. Pria yang akrab disapa Gus Ali itu mengatakan, Posko Kemenangan ini terbuka untuk semua lapisan warga. Nantinya di posko tersebut akan digelar berbagai kegiatan terutama salawatan.

“Tiap malam Minggu akan digelar salawatan Nariyah di posko ini. Jadikan posko ini untuk berkreasi,” tutup wakil rakyat yang terpilih dari Dapil 3 Banyuwangi ini. (ozi)

Post Terkait

banner 468x60