Saksikan Rapid Test Ponpes Sananul Huda Selorejo, Bupati Blitar: Tetap Jaga 5 M

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyaksikan rapid test puluhan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Sananul Huda Kecamatan Selorejo, Jumat 23 April 2021. Kegiatan ini dilakukan saat kunjungan ke Ponpes dalam rangka mencegah munculnya klaster pondok pesantren selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.

“Ada 80 santri yang menjalani rapid test. Tak hanya itu, keluarga pondok juga dilakukan rapid test. Ini sebagai bentuk antisipasi timbulnya kluster baru selama Ramadhan dan Idul Fitri dilingkungan pondok pesantren,” kata Rini kepada Nusadaily.com, Sabtu 24 April 2021.

Baca Juga

“Saya juga mengingatkan seluruh santri untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 5M dengan memakai masker, menjaga jarak aman saat bicara dengan orang lain, mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga meminta gugus tugas memfasilitasi santri mengikuti test Polymerase Chain Reaction (PCR). Dinas Kesehatan diminta supaya lebih memfasilitasi test PCR di lingkungan pondok pesantren.

“Jadi tim gugus tugas harus tetap memasifkan jurus 3T, yakni Testing tindakan melakukan tes, Tracing penelusuran kontak erat dan Treatment tindak lanjut berupa perawatan pasien. Sehingga upaya untuk pencegahan terus dijalankan dengan baik,” tandasnya.

Tak lupa Rini juga menekankan pengurus Ponpes agar menyediakan posko Satgas pondok. Tujuannya guna mengontrol kedisiplinan santri terhadap protokol kesehatan maupun sebagai pemantau akses keluar masuk di lingkungan pondok.

“Saya berharap seluruh lapisan masyarakat dapat berjalan satu frekuensi bersama pemerintah untuk memerangi penyebaran virus corona. Sebab, jika semua dilakukan saling bersinergi bergotong royong maka pengendalian Covid-19 bisa berjalan dengan maksimal dan kehidupan kembali normal,” harapnya. (tan/kal)