Rumah Warga di Desa Sambigede Ludes di Lalap Si Jago Merah

  • Whatsapp
Caption foto : Kondisi rumah korban kebakaran pasca di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung, Malang
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Sumber api hari ini, Jumat (11/6/2021) menyapa Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung, Malang. Akibatnya salah satu rumah warga, Kasim (73) ludes terbakar dengan taksiran kerugian mencapai Rp. 5 Juta.

Kasi PK Bidang PPK Satpol PP Kabupaten Malang, Agus ‘Ambon’ Suyanto, pun membenarkannya.

“Kami terima laporan jam 11 siang. Tetapi, jam kejadian sendiri sekitar pukul 10.30 WIB,” ujar Ambon, Jumat siang tadi, (11/6/2021).

Ambon pun menuturkan kronologi kebakaran di Sumberpucung Kabupaten Malang itu. Sekitar pukul 10.30 WIB, korsleting terjadi di rumah tersebut.

Api kemudian membesar dan membuat kerangka atap rumah itu perlahan gosong. Warga sekitar dan pemilik rumah pun berupaya memadamkan api.

Tetapi, warga juga menghubungi Damkar Kabupaten Malang untuk meminta bantuan.

“Kami mengirim 3 mobil Damkar, dan 3 orang personel relawan Tagana,” sambungnya.

Setibanya di lokasi, Damkar Kabupaten Malang berupaya memadamkan api di lokasi. Petugas juga membasahi semua barang-barang yang mudah terbakar.

Misalnya saja, tumpukan kayu yang ada di dalam rumah. Sekitar pukul 12.05 WIB, Damkar berhasil memadamkan potensi kebakaran.

Setelah semua lokasi basah, petugas juga mencari sumber api.

“Dugaan petugas, ada konsleting listrik yang memercik dan menyebabkan kebakaran,” ringkasnya.

Kerugian korban sendiri sekitar Rp 5 juta. Ambon mengimbau masyarakat untuk tidak segan-segan menghubungi Damkar ketika terjadi kebakaran.

“Jangan tunda. Begitu melihat kebakaran, segera lapor. Kami siaga 24 jam,” terangnya.

Ambon juga menegaskan, warga wajib siaga dan waspada bahaya kebakaran. Sumber api antara lain korsleting listrik, lalai meninggalkan kompor menyala, hingga sisa puntung rokok. (aje/aka)