Rp 3,6 Miliar untuk Percantik Alun-Alun Kota Mojokerto

  • Whatsapp
Alun-alun Kota Mojokerto. (ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – MOJOKERTO – Pemerintah Kota Mojokerto akan melakukan perubahan wajah alun-alun yang terkenal dengan olahan onde-ondenya ini. Tak tanggung-tanggung rencananya Pemkot akan menggelontorkan dana sekitar Rp 3,6 miliar.

Baca Juga

Rehabilitasi salah satu lokasi alun-alun Kota Mojokerto tersebut diperkirakan akan di mulai Oktober 2020 mendatang. Dengan sentuhan fisik diawali dengan rehabilitasi taman terlebih dahulu.

Kabid Pemulihan dan Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto Erijanto mengatakan, proyek rehabilitasi alun-alun tersebut telah masuk meja lelang.

BACA JUGA: Berkonsep Digital, Eks PKL Alun-alun Mojokerto Segera Direlokasi ke Pasar Modern Benpas

“Sesuai jadwalnya, proses lelang akan berlangsung akhir bulan (Agustus 2020) ini hingga diumumkan pemenang lelangnya. Sedangkan tanda tangan kontrak akan dilakukan sekitar pekan pertama Oktober nanti,” paparnya, Selasa, 22 September 2020.

Ia menambahkan, tahap pekerjaan diawali dengan pekerjaan fisik di beberapa titik. Yakni, di sisi timur alun-alun dibangun paseban atau pendapa. Bangunan itu nantinya difungsikan untuk kegiatan pemerintahan.

“Selain itu disebelahnya nanti akan dijadikan sebagai tanah lapang untuk upacara bendera. Dan sebaliknya, disisi barat juga akan dirombak. Di area yang sejajar dengan masjid agung Al-Fattah itu dijadikan sebagai pusat wahana olahraga dan panggung pertunjukan,” bebernya.

BACA JUGA: ada Zaman Perjuangan, Alun-Alun Mojokerto Jadi Favorit Warga Mendengarkan Pidato Bung Karno

Alhasil beberapa item pekerjaan di tahun ini juga akan menyentuh taman, pavingisasi, serta akses jalan. Sedangkan sentuhan fisik lainnya dilanjut secara bertahap pada 2021 nanti.

“Sedangkan tahun depan perombakan tahun depan menyasar tugu yang tepat berada di tengah-tengah alun-alun akan diganti desain baru dengan konsep .Tugu akan diganti dengan ketinggian 45 meter dan dilakukan tahun depan (2021),” imbuhnya. (din/lna)

Post Terkait

banner 468x60