Ribuan Vaksin COVID-19 Tiba di Jember dan Lumajang

  • Whatsapp
vaksin jember
Petugas Dinkes Lumajang mengecek jumlah vaksin COVID-19 yang diterima di Gedung Farmasi Kabupaten Lumajang, Selasa (26/1/2021) sore. (ANTARA/ HO - Diskominfo Lumajang)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JEMBER – Ribuan vaksin COVID-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang diangkut dengan mobil boks PT Bio Farma tiba di Gedung Instalasi Farmasi Kabupaten Lumajang dan Instalasi Farmasi Kabupaten Jember dengan pengawalan yang super ketat pada Selasa (26/1) sore.

Pemerintah Kabupaten Lumajang menerima 3.000 dosis vaksin Sinovac, sedangkan Pemerintah Kabupaten Jember menerima 6.800 dosis.

Baca Juga

BACA JUGA: Vaksin Sinovac Tiba di Situbondo dengan Pengawalan Ketat Personel Polda Jatim

“Hari ini kami menerima 3.000 dosis vaksin tahap pertama yang akan didistribusikan di 25 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan tujuh rumah sakit,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dr Bayu Ignasius Wibowo.

Menurutnya, vaksin COVID-19 tersebut diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, sedangkan untuk petugas pelayanan publik seperti TNI, Polri serta masyarakat umum diperkirakan akan dilaksanakan pada tahap berikutnya.

“Vaksin yang diterima hari ini sebanyak 3.000 dosis untuk tenaga kesehatan. Target kami pekan ini selesai untuk suntikan yang pertama, kemudian suntikan kedua 14 hari kemudian tepatnya pada Februari 2021,” tuturnya.

Ia mengatakan pelaksanaan penyuntikan vaksin COVID-19 tahap pertama akan dilaksanakan pada Rabu (27/1) di seluruh puskesmas dan tujuh rumah sakit yang tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Lumajang.

Sementara itu, juru bicara Satgas COVID-19 Jember Gatot Triyono mengatakan sebanyak 6.800 dosis vaksin sudah diterima Pemkab Jember dan ditempatkan di gudang farmasi Instalasi Farmasi yang memiliki ruang pendingin (cool room).

“Alhamdulillah sudah dicek petugas jumlahnya sesuai, yakni 6.800 dosis vaksin, kemudian disimpan di cool room yang ada di gudang farmasi,” katanya di Jember.

BACA JUGA: Vaksinasi Tahap Awal Kota Malang Dimulai Kamis Besok

Gatot menjelaskan, ribuan vaksin tersebut akan didistribusikan secara bertahap di 20 puskesmas untuk Selasa sore hingga malam hari, kemudian 30 puskesmas lainnya akan menerima vaksin pada Rabu (27/1).

“6.800 dosis vaksin ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan dari total jumlah tenaga kesehatan sebanyak 7.221 orang dan 10 orang dari Forkompimda juga akan mendapat penyuntikan vaksin sekaligus pencanangan vaksin di daerah masing-masing,” katanya.(lna)