Raperda Pemberdayaan Nelayan, Tambak Garam, Budidaya Ikan dan Petambak Garam, Ini Kata Akis Jasuli

  • Whatsapp
Raperda DRPD Sumenep
Akis Jasuli, Anggota DPRD Sumenep. (ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pemberdayaan Nelayan, Tambak Garam, Budidaya Ikan dan Petambak Garam, merupakan salah satu dari 4 Raperda Kabupaten Sumenep yang menjadi atensi legislatif untuk dibahas di tahun 2021.

Akis Jasuli, Anggota DPRD kabupaten Sumenep menyambut baik terhadap Raperda Adanya perlindungan dan pemberdayaan terhadap para nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam.

Baca Juga

Hal tersebut, menurut Akis, merupakan upaya pembinaan dan peningkatan kompetensi dan skill bagi para nelayan, pembudidaya ikan dan petambak garam.

Baca Juga: 301.696 Ton Garam Madura 2019 Belum Terserap

“Selain itu, adanya proteksi fasilitas oleh pemerintah agar tercipta nelayan dan masyarakat yang mandiri secara ekonomi,” ujar Ketua Fraksi NHS DPRD Sumenep itu, Selasa, 23 Februari 2021.

Untuk itu, politisi muda NasDem tersebut mengajak rekan sejawatnya di DPRD sumenep untuk tetap mengawal aktualisasi dari perda tersebut nantinya.

Baca Juga: DPRD Sumenep Mulai Bahas 4 Raperda 2021

“Sebagai bentuk pelaksanaan tanggung jawab kita sebagai pajabat yang memiliki hak untuk controling,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta secara tegas pada pemerintah setempat agar betul-betul mengimplementasikan Raperda Usul prakarsa DPRD tersebut.

Baca Juga: KKP Antisipasi Bencana Alam dengan Asuransi Pembudi Daya Perikanan

“Karena hal tersebut merupakan peraturan yang menyangkut tentang kelangsungan, kelancaran dan kemajuan bagi masyarakat sumenep kini dan yang akan datang,” pungkasnya.

Baca Juga: Menteri Kelautan Usulkan Penurunan Bunga KUR Jadi 3 Persen

Sekedar informasi, DPRD Sumenep Madura Jawa Timur gelar sidang paripurna tentang jawaban Fraksi – Fraksi terhadap penyampai pendapat Bupati Sumenep atas 4 Raperda prakarsa usulan DPRD Sumenep tahun 2021 pada Jumat 19 Februari 2021 lalu.

Keempat Raperda tersebut yakni Raperda Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat, Raperda Perlindungan, Pemberdayaan Nelayan, Budidaya Ikan dan Petambak Garam. Raperda Penyelenggaraan Jalan dan Raperda Kabupaten layak Anak. (nam)