PPKM Hari ke-6, Satgas Situbondo Bubarkan Kerumunan 4 Kafe

  • Whatsapp
TEGAS: Satgas Covid-19 membubarkan kerumunan pengunjung di cafe Ayah Bunda.

NUSADAILY.COM – SITUBONDO – Memasuki hari he-6 Pemberlakuan Pembatasaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Kabupaten Situbondo, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Situbondo membubarkan kerumanan masyarakat di 4 caffe serta alun-alun Kota Situbondo pada Sabtu, 16 Januari 2021, malam.

Patroli tersebut dilakukan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Situbondo bersama tim gabungan dari jajaran TNI, Polri, Satpol PP dan BPBD, dipimping oleh Kapolres Situbondo AKBP Ach. Imam rifai didampingi Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Neggy Kuntagina dan Sekda Kabupaten Situbondo Syaifullah.

Patroli PPKM di Situbondo tersebut menyasar pusat keramaian yang rawan kerumunan, seperti alun-alun, pusat perbelanjaan, dan kafe.

Dalam pelaksanaannya, Satgas dan tim gabungan juga akan menegakkan aturan jam malam.

“Untuk mendukung PPKM yang berlaku mulai Tanggal 11 Januari hingga 25 Januari 2021 yang mengintruksikan kegiatan masyarakat dibatasi maksimal dilakukan hingga pukul 20.00 WIB. Satgas Covid-19 melakukan patroli sekaligus membubarkan kegiatan masyarakat yang sudah melebih ketentuan jam 20.00 WIB itu. Tujuannya agar Kabupaten Situbondo tidak masuk ke zona PPKM,” kata Kapolres Situbondo Imam Rifai.

Dia juga menambahkan jika patroli yang dilakukan sekaligus sebagai media kampanye penerapan protokol kesehatan.

“Kita juga mengingatkan pengelola kafe dan lesehan agar membatasi jumlah pengunjung, mengatur posisi jarak dan mewajibkan pengunjung untuk memakai masker serta menutup kafenya pukul 20.30 WIB,” imbuhnya.

Selain itu Imam, juga menyampaiakan informasi tentang kenaikan angka penyebaran Covid-19 di wilayah Situbondo. Hal itu dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga diri dan mematuhi protokol kesehatan.

Zona orange

Lebih lanjut Imam menambahkan bahwa, saat ini Kabupaten Situbondo masuk zona orange Covid-19.

“Agar Kabupaten Situbondo tidak masuk dalam kategori PPKM seperti kabupaten dan kota lain di Jawa Timur, maka diharapkan peran serta semua pihak supaya memiliki kesadaran dan kedisiplinan mematuhi prokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Imam menegaskan jika tanpa adanya kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, maka pandemi tidak akan dapat teratasi.

Berikut adalah peta penyebaran Covid-19 di Kabupaten Situbondo per-16 Januari 2021 pukul 15.30 WIB.

  • 1927 orang positif terkonfirmasi COVID-19
  • Pasien sembuh sebanyak 1667
  • Jumlah meninggal dunia sebanyak 143
  • Pasien suspect sebanyak 166 orang
  • Pasien probable sebanyak 18 orang,

Selain itu, 28 orang dirawat di rumah sakit, 9 orang dirawat di gedung observasi Pasir Putih, dan isolasi mandiri sebanyak 80 orang. (fat/kal)

Pos terkait