Polres Sumenep Akan Beri Reward Polsek yang Berhasil Ungkap Kasus Narkoba

  • Whatsapp
Kapolres Sumenep, AKBP Darman. (ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Persoalan peredaran Narkoba di Kepulauan Sumenep Madura Jawa Timur merupakan masalah serius yang harus segera diselesaikan. Sebab, saat ini wilayah kepalauan masuk dalam zona merah atau darurat narkoba.

Polres Sumenep saat melakukan safari kepulauan bersama pemerintah beberapa waktu lalu melakukan evaluasi bersama jajarannya di 6 kecamatan kepulauan. Hasilnya, ada beberapa terobosan yang dilakukan untuk mengurangi peredaran Narkoba.

Baca Juga

BACA JUGA: Dua Warga Pamekasan Diringkus Satresnarkoba Sumenep Saat Hendak Transaksi Sabu

“Memang betul kasus Narkoba di kepulauan sangat tinggi itu ditunjukkan dari penangkapan 106 tersangka kurang lebih 45 persen dari kepulauan,” kata Kapolres Sumenep, AKBP Darman, Selasa 22 September 2020.

Untuk itu, menurutnya mengatasi peredaran narkoba di Sumenep perlu melibatkan seluruh unsur masyarakat, utamanya pemuda.

“Setiap polsek kita berikan 25 tes Narkoba setiap desanya dengan harapan nanti identifikasi anak menggunakan Narkoba,” terangnya.

Kampung Tangguh Narkoba

Adapun trobosannya, salah satunya membentuk kampung tangguh Narkoba meibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Nantinya kita membentuk Satgas. Diantaranya, Satgas Preventif, penindakan, informasi dan satgas partisipasi,” jelasnya.

Kemudian, motode penanganan dalam megatasi narkoba, jelas Darman, seperti penanganan covid-19, yakni dilakukan tracing bagi pengguna.

“Nantinya akan dikumpulkan sebab pengguna adalah korban,” tambahnya.

Untuk rehabilitasi pengguna narkoba, pihaknya akan melibatkan lembaga pendidikan pondok pesantren.

BACA JUGA: Prihatin Terhadap Banyaknya Kasus Narkoba di Sumenep, Ini Harapan Duta Narkoba

“Yang sudah siap adalah pondok pesantren Guluk-Guluk,”jelasnya.

Untuk itu, pihaknya akan memberikan reward bagi Polsek yang berhasil menangkap pengguna narkoba. Mengingat, kasus narkoba di kabupaten paling ujung Madura tersebut, utaman wilayah kepulauan sangat tinggi.

“Khusus kepulauan bagi Polsek paling banyak mengungkap Narkoba nantinya akan diberi reward 10 Juta,” tutupnya. (nam/lna)

Post Terkait

banner 468x60