Polres Batu Terjunkan 300 Personel Saat Operasi Zebra di Masa Libur Panjang

  • Whatsapp
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama membagikan masker kepada pengendara yang melintas di sekitaran Alun-alun Kota Batu saat pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2020.
banner 468x60

KOTA BATU- Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan sebanyak 300 personel diterjunkan di wilayah hukum Polres Batu. Selama masa liburan panjang sejak 28 Oktober kemarin.

Baca Juga

Para personel itu ditempatkan mulai dari Kasembon, Ngantang dan Pujon yang masuk wilayah administratif Kabupaten Malang hingga ke Kota Batu. Penempatan diprioritaskan pada destinasi wisata yang berada di wilayah hukum Polres Batu.

“Jadi tidak hanya di Kota Batu, namun tempat wisata di Pujon, Ngantang, Kasembon juga kita tempatkan personil untuk pengamanan. Kalau terjadi lonjakan wisatawan disana akan diarahkan oleh personel dengan mencari alternatif wisata lain,” kata Harviadhi saat melaksanakan Operasi Zebra Semeru (Jumat, 30/10).

Bersamaan dengan masa liburan mulai 28 hingga 31 Oktober nanti, Polres Batu intens melaksanakan Operasi Zebra Semeru yang digelar sejak 26 Oktober hingga 8 November nanti.

Saat pelaksanaan Operasi Zebra Semeru pada Jumat pagi tadi (30/10), Polres Batu turut membagikan 500 masker di tiga titik berbeda. Di antaranya di Alun-Alun Kota Batu, simpang tiga Lippo Plaza dan simpang tiga Pendem.

“Pada prinsipnya kita tidak melarang masyarakat berkegiatan tetapi terus mengingat agar masyarakat patuh menggunakan masker dan patuh penerapan protokol kesehatan,” ujar Harviadhi.

Pada pelaksanaan Operasi Zebra Semeru di masa pandemi ini, Polres Batu lebih mengedepankan upaya persuasif dan preventif. Hal ini didasarkan atas instruksi Kapolri Jenderal Idham Aziz untuk mengedepankan proses edukasi dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2020.

Lebih Simpatik dan Humanis

Selain itu selama operasi Zebra Semeru pihaknya sesuai dengan intruksi Kapolri untuk lebih mengedepankan kegiatan simpatik yang bersifat humanis seperti memberikan imbauan ke masyarakat.

“Kami juga bagikan masker ke pengendara yang melintas. Serta memberikan sosialisasi agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama berwisata,” terangnya.

Hal serupa disampaikan Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman saat mengunjungi Kota Batu (Jumat, 30/10). Ia mengatakan dalam praktiknya, memang berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya kali ini anggota akan lebih melakukan upaya persuasif dan preventif. Dimana 50 persen bersifat preventif dan 50 persen persuasif. Bukan pada aspek penindakan.

Sehingga memberi kesadaran bagi masyarakat agar tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi. Terlebih keselamatan dalam berkendara juga penting.

“Apalagi saat ini long weekend, kami mengutamakan masalah pelayanan ke masyarakat yang melaksanakan liburan. Anggota haru lebih banyak di tempat wisata agar bisa mencegah terjadinya over load wisatawan di satu tempat,” imbuhnya.(wok/aka)