Polemik Ijazah Cawali, Forum Masyarakat Sipil Pasuruan Tuntut Pembuktian Terbalik

  • Whatsapp
ijazah cawali
Sejumlah aktivis mendesak para cawali Pasuruan melakukan pembuktian terbalik terkait polemik kepemilikan ijazah sarjana.(ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Forum Masyarakat Sipil Kota Pasuruan mendesak para calon walikota (cawali) membuktikan kepemilikan ijazahnya. Pembuktian terbalik ini sebagai respon atas polemik di media sosial terkait ijazah sarjana bodong milik para calon.

Gabungan aktivis LSM ini meminta kedua pasangan cawali Pasuruan untuk secara sadar membuka tabir tersebut. Para calon diminta untuk tidak terus membiarkan polemik yang justru semakin membodohi masyarakat Kota Pasuruan.

"
"

Baca Juga

"
"

“Perang di medsos antarpedukung cawali sudah mengarah pada character assasination. Kami tantang para cawali untuk melakukan pembuktian terbalik. Tunjukkan pada masyarakat jika memang gelar akademik adalah benar adanya,” kata Totok, aktivis Pasuruan Demokrasi Watch (Pasdewa).

BACA JUGA: Nama Wabup Pasuruan Masuk Tim Sukses Gus Ipul, Helmi: Hoax

Penegasan serupa disampaikan Rahmad Cahyono, aktivis Laskar Merah Putih Pasuruan. Menurutnya, momentum Pilwali Pasuruan hendaknya tidak dijadikan ajang balas dendam dan saling menjatuhkan.

“Aroma balas dendam dan saling menjatuhkan sangat kental dalam Pilwali Pasuruan. Kami minta ini harus dihentikan, agar tidak menjadi ajang hoax di masyarakat,” tegas Rahmad Cahyono.

Direktur LBH Pijar Nusantara, Lujeng Sudarto menandaskan bahwa ajang Pilwali ini sudah menjurus pada pengelompokan simbol politik identitas yakni santri dan nonsantri. Dikotomi politik identitas ini sangat rentan terhadap perpecahan di masyarakat bawah.

BACA JUGA: Ketua NasDem Kota Pasuruan Didaulat Dampingi Cawali Petahana Teno

“Kedua pasangan cawali harus transparan dan membuktikan kebenaran kepemilikan ijazah tersebut. Ini akan menjadi pendidikan politik bagi masyarakat dan tidak terus menerus menjadi bahan hatespreech,” kata Lujeng Sudarto. (oni)

Post Terkait

banner 468x60