PMI Kabupaten Malang Usulkan Pengadaan Donor Plasma

  • Whatsapp
Contoh Plasma yang menjadi usulan PMI Kabupaten Malang dalam pengendalian peyebaran Covid-19
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Malang telah mengusulkan untuk pengadaan donor plasma. Hal ini juga sebagai upaya mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malang, yang rencana anggarannya akan dipenuhi Pemkab Malang melalui BTT (Bantuan Tak Terduga).

Terkait dengan hal ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat memberikan keterangannya saat dihubungi kepada awak media hari ini (27/1).

BACA JUGA: Denpasar Gulirkan PIP Tahap 2 Mendorong Pemulihan Ekonomi saat COVID-19

“Benar ada rencana seperti itu dari PMI kita, kemarin ketemu saya, dan saya bilang silahkan kalau memang iya akan kami ajukan ke Pemerintah Pusat,” kata Wahyu.

Sampai saat ini, PMI belum mengajukan kepada Pemerintah Kabupaten Malang dan prosesnya baru sampai pembahasan.

“Ini masih kami bahas dulu, PMI juga belum mengajukan pada kami (Pemkab),” sambungnya.

BACA JUGA: Evaluasi PPKM Tahap I, 64 Tempat Usaha di Kota Malang Masih Tak Patuh Aturan

Wahyu melanjutkan, kalau nanti disetujui pusat, akan anggaran donor plasma ini akan masuk dalam BTT (Bantuan Tak Terduga).

“Kalau nilainya tak terlalu besar, masih cukup anggaran BTT nya, dan disetujui pusat maka akan kita anggarkan segera melalui BTT,” pungkasnya.

Sebagai infotmasi, terapi plasma darah covid 19 menjadi salah satu perawatan yang dilakukan pada pasien Corona. Metode penyembuhan ini memanfaatkan antibodi di dalam darah pasien yang kemudian diberikan pada pasien covid 19 yang masih terinfeksi yang diharapkan dapat segera pulih. (aje/kal)