Pilkada Sumenep, Masing-Masing Calon Dapat Pengawal Pribadi Bersenjata Lengkap

  • Whatsapp
pilkada sumenep
Ilustrasi pengawal kepolisian. (ANTARA FOTO)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Madura Jawa Timur mendapat pengawal pribadi (Walpri) dari Polres Sumenep. Setiap paslon dikawal empat anggota kepolisian.

“Empat anggota pada masing-masing pasangan, dua orang anggota untuk calon bupati dan dua orang anggota untuk calon wakil bupati. Mereka mengawal setiap calon selama 24 jam penuh,” kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Rabu 23 September 2020.

Baca Juga

Menurut Widi, masing-masing calon Bupati dan Wakil Bupati, mendapatkan 2 orang pengawal pribadi. Setiap calon dikawal selama 24 jam penuh.

BACA JUGA: Antisipasi Klaster Covid-19 di Pilkada Sumenep, Bupati Minta Ada Rapid Test

“Mereka dipastikan mengawal setiap kegiatan calon. Mereka juga standby di masing-masing rumah calon ketika calon yang mereka kawal ada di rumahnya masing-masing,” jelas Widi kepada nusadaily.com.

Selain itu, jelas Widi, mereka (Walpri) sudah mengawal sejak berstatus bakal calon kemarin. Dan mereka juga akan mengawal di semua tahapan Pilkada hingga pelantikan calon terpilih.

“Mereka sudah bertugas sejak beberapa hari kemarin. Mereka akan mengawal di semua tahapan pilkada, bahkan sampai nanti pelantikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Widi menuturkan bahwa pengawal pribadi tersebut, merupakan anggota khusus yang dipilih. Mereka yang terpilih telah melewati sejumlah seleksi di internal kepolisian. Selain memiliki bela diri khusus, selama mengawal calon mereka juga dibekali senjata api.

“Sebelumnya mereka sudah mengikuti tes seperti bela diri. Mereka juga dibekali senjata api untuk mengantisipasi manakala ada ancaman yang membahayakan keselamatan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Kisruh Data KPU-Bawaslu Sumenep, Pengamat: KPU Tidak Membaca Permendagri 102 Tahun 2019

Sekadar informasi, ada dua bakal pasangan calon yang mendaftar ke KPU Sumenep untuk bertarung pada Pilkada yang direncanakan dihelat 9 Desember 2020 mendatang. Yakni pasangan Achmad Fauzi-Dewi Khalifah dan Fattah Jasin-Kiai Ali Fikri.

Di sisi lain, Ketua KPU Sumenep, Abd. Warits menjelaskan, saat ini, persyaratan calon diantara keduanya sudah dinyatakan lengkap. Berdasarkan jadwal tahapan, dua pasangan ini akan ditetapkan hari ini sebagai Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Sumenep. (nam/lna)

Post Terkait

banner 468x60