Pilbup Blitar, Golkar Ubah Haluan, PKS Tak Bergeming Tetap Dukung PKB

  • Whatsapp
pasangan Munib - Nico

NUSADAILY.COM – BLITAR – Waktu pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar dalam Pilbup tinggal beberapa hari lagi. Sebab jadwal pendaftaran ke KPU dimulai 4 – 6 September 2020. Situasi politik saat ini semakin memanas. Tarik ulur dukungan partai politik pemilik kursi parlemen semakin sulit diprediksi.

Satu diantaranya Partai Golkar, yang mana pada awalnya senter dikabarkan mengusulkan pasangan Munib – Nico, kini justru berbalik arah. Sebab saat dikonfirmasi Nusadaily.com tentang kepastian rekomendasi, Ketua Fraksi Golkar Kabupaten Blitar, Suswati mengatakan bahwa dukungan turun ke petahana Rijanto – Marhaenis.

Bacaan Lainnya

“Rekomendasi dari Partai Golkar diberikan kepada pasangan Rijanto – Marhaenis. Jadi tadi surat dukungan itu diterima Ketua DPD Golkar Provinsi Jatim dan selanjutnya diserahkan ke pak Rijanto. Nah dalam penyerahan kebetulan tidak bisa hadir langsung karena ada Rapat Paripurna,” kata Suswati, Selasa 1 September 2020.

Suswati menuturkan, sebelumnya dari hasil penjaringan DPD Golkar ada tiga pasangan calon yang diusulkan ke DPP. Yaitu Munib – Nico, Aziz – Risyad, dan Rijanto – Marhaenis.

“Nah pastinya ada pertimbangan sendiri DPP menjadi mendukung petahana. Kemungkinan karena tidak ada komitmen dari PKB sendiri, dimana rekom sembelumnya sudah hampir pasti ke Munib – Nico, tapi malah berubah,” tungkasnya.

Ada Tambahan Tiga Kursi dari Golkar

Dengan dukungan itu, artinya ada tambahan tiga kursi parlemen dari Partai Golkar. Dengan demikian partai yang sudah resmi merapat ke petahana selain Golkar diantaranya Partai Nasdem yang mempunyai dua kursi, dan Demokrat 2 kursi. Sementara PDI Perjuangan sebagai partai pengusung sudah memiliki 19 kursi. Sehingga kini total ada 26 kursi.

Disisi lain, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Blitar dikabarkan telah mengumumumkan bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Blitar tahun 2020. Senter dikabarkan bakal pasangan calon tersebut adalah Rini – Rahmat Santoso. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten sudah terlanjur memberikan rekomendasi terhadap pasangan Munib – Nico.

“Rekomendasi yang sudah dikeluarkan bisa disesuaikan kembali. Karena sebelumnya kita sudah berkoordinasi dengan pusat. Namun demikian, kita memastikan tetap memberikan dukungan kepada PKB dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang,” kata Sutoyo, Ketua Bidang Kemenangan Pemilu PKS Kabupaten Blitar.

Ia menambahkan, ada beberapa pertimbangan PKS memberikan dukungan kepada PKB. Diantaranya, PKB yang secara intens melakukan komunikasi, serta mempunyai visi misi yang sama untuk membangun Kabupaten Blitar lebih baik.

“Jumlah kursi perlemen yang dimiliki PKS sebanyak satu kursi. Meski sebagai pelengkap, namun kita memastikan akan memberikan dukungan dengan maksimal,” imbuhnya.(tan)