Peternak Ayam di Kabupaten Blitar Disarankan Buat Pakan Alternatif

  • Whatsapp
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Adi Andaka
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BLITAR – Peternak ayam di Kabupaten Blitar disarankan membuat pakan alternatif. Saran itu disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Adi Andaka, saat dikonfirmasi Nusadaily.com menyikapi harga pakan ayam yang dinilai mahal.

“Jadi untuk menyiasati harga pakan ayam yang mahal, kita menyarankan kepada peternak ayam petelur untuk membuat pakan alternatif. Hasil pantauan kita, sejauh ini sudah banyak peternak yang bisa membuat pakan alternatif,” katanya, Rabu 27 Januari 2021.

Menurutnya, saat ini persoalannya bukan harga telur yang murah, melainkan biaya produksi yang mahal. Sebab banyak komponen-komponen impor. Kondisi ini sudah berhubungan dengan ekonomi global.

“Terkait pakan ayam, ini bukan persoalan lokal, tapi sudah global,” tungkasnya.

Jika peternak menggunakan pakan dengan dicampur sendiri, maka diyakini biaya produksi akan lebih murah. Sebaliknya, kalau full menggunakan pakan dari pabrikan, otomatis biayanya akan mahal.

“Kita meyakini peternak di Kabupaten Blitar sudah bisa membuat pakan alternatif sendiri. Tinggal mereka mau melakukannya atau tidak,” imbuhnya. (tan/kal)