Permudah Cek Kelaikan Kendaraan, Dishub Kota Malang Punya Terobosan Baru

  • Whatsapp
Foto: Malangvoice.com
banner 468x60

MALANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang memiliki terobosan baru untuk mengecek kelaikan kendaraan. Inovasi tersebut adalah BLU-e (Bukti Lulus Uji Elektronik) bagi kendaraan angkutan umum dan barang.

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto mengungkapkan, terobosan tersebut mulai diterapkan pada bulan September 2020 lalu.

“Dengan adanya BLU-e, diharapkan dapat meminimalisasi praktik pemalsuan identitas kendaraan maupun hasil uji berkala yang kerap dilakukan pada kendaraan angkutan umum dan barang,” terang dia belum lama ini.

Handi menguraikan, tidak hanya pihak Dishub saja, masyarakat bisa mengetahui secara langsung apakah kendaraan tersebut telah lulus uji KIR atau tidak.

BACA JUGA: PGRI dan Cabdin Pendidikan Kecam Profesionalisme Guru Dipolitisasi ke Petahana Jember

“Kalau dulu untuk mengetahui kendaraan lulus uji KIR atau tidak, harus melihat dulu buku uji KIR dan petugas saja yang bisa melihat buku uji KIR tersebut. Namun saat ini dengan adanya BLU-e, masyarakat bisa mengetahui secara langsung apakah kendaraan telah lulus uji KIR atau tidak,” jelas dia.

Handi menguraikan, seluruh kendaraan yang menerapkan BLU-e akan mendapatkan stiker barcode. Stiker tersebut ditempelkan pada bagian kendaraan yang mudah terlihat.

“Bus yang menerapkan BLU-e, tertempel stiker barcode. Biasaya stiker barcode nya terpasang di kaca bus depan sebelah kiri,” lanjut Handi.

Handi melanjutkan, jika ada masyarakat yang ingin tahu apakah bus yang dinaikinya layak jalan atau tidak, tinggal scan barcode memakai ponsel dan muncul sebuah link.

“Masyarakat tinggal klik link, maka akan langsung muncul semua riwayat uji KIR bus tersebut. Dalam riwayat uji KIR, masyarakat bisa tahu apakah bus yang akan dinaikinya layak jalan atau tidak,” pungkas dia.

Dengan demikian, Handi berharap, masyarakat yang menggunakan angkutan bus sebagai sarana transportasi merasa lebih aman dan nyaman. Utamanya, pada momen liburan panjang saat ini. (nda/kal)

Post Terkait

banner 468x60