Perkuat UMKM, Pemkot Malang Lakukan Kemitraan dengan Perusahaan Besar

  • Whatsapp
hotel malang
Wali Kota Malang, Sutiaji. (istimewa)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia terus memperkuat potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan besar yang dilakukan dengan penandatanganan mou secara virtual, Senin (18/1/2021).

“Ada 56 perusahaan besar yang akan bekerjasama dengan 196 UMKM. Harapannya, apa yang dilakukan oleh perusahaan besar berimbas ke UMKM,” terang Wali Kota Malang, Sutiaji.

Baca Juga

BACA JUGA: BPKM: Program Kemitraan Dengan Perusahaan Dorong UMKM Naik Kelas

Menurutnya, upaya tersebut tidak bisa dilakukan secara konvensional, namun harus memanfaatkan teknologi digital yang saat ini sedang berkembang.

“Pelaku UMKM juga harus menguasai teknologi digital, tidak bisa konvensional saja. Sehingga, mereka bisa menjual produknya melalui berbagai marketplace yang ada,” jelasnya

BACA JUGA: 6,1 Juta UMKM Ditargetkan Masuk Platform Digital Setiap Tahun

Salah satunya, melalui program Jatim Bejo dan e-bela pengadaan khusus untuk UMKM.

“Nantinya, dinas terkait, seperti Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) dan PKK memiliki UMKM binaan, nanti bisa dilibatkan,” papar dia.

Nantinya, sistem kerjasama tersebut dilakukan di bawah Kementrian Perekonomian dan mewajibkan setiap daerah mengambil produk UMKM.

“Nantinya, kalau belanja di bawah Rp 50 Juta, tidak sperlu ada SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan bisa kolaborasi dengan marketplace,” kata dia.

Namun, pihaknya menegaskan, para pelaku UMKM untuk tidak main-main saat membanderol harga.

“Saya minta untuk tidak main-main dalam membanderol harga. Setelah masuk marketplace, akan diberlakukan cara pembayaran digital, baik melalui QRIS dan dikolaborasikan bersama dengan OJK,” pungkas dia.(nda/lna)