Penebang Sonokeling Mengklaim Truk Milik Rumah Tangga Kepresidenan Beli dari Lelang

  • Whatsapp
Truk plat merah pengangkut kayu sonokeling yang diklaim telah dibeli secara lelang.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – PASURUAN – Teka teki truk plat merah milik Rumah Tangga Kepresidenan yang digunakan mengangkut kayu Sonokeling di Desa Cowek Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan akhirnya terjawab. Penebang pohon Sonokeling di areal sengketa lahan Perhutani tersebut mengklaim telah membeli truk dari hasil lelang.

Baca Juga

“Truk plat merah sudah kami beli dari lelang. Kami memiliki risalah lelangnya dan sudah kami serahkan ke penyidik Polres Pasuruan. Sekarang masih dalam proses balik nama,” kata Faris Purwono, kuasa hukum Dahlan, pemilik lahan yang berbatasan dengan Perhutani.

Menurutnya, penebangan pohon Sonokeling tersebut sudah dilakukan sesuai prosedur dan disertai dokumen perijinan dari pihak berwenang. Bahkan pada saat penebangan dilakukan juga dihadiri dari Perhutani, aparat desa dan Muspika.

“Kami mengajukan ijin penebangan sesuai prosedur berdasarkan bukti kepemilikan sertifikat lahan tahun 1999. Pohon itu ada didalam lahan milik Pak Dahlan,” jelas Faris.

Saat ini, pihaknya menyatakan akan menunggu hasil verifikasi batas kepemilikan lahan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sambil menunggu kejelasan status tersebut, potongan batang pohon Sonokeling tersebut akan di titipkan di Mapolsek Purwodadi. (oni/aka)