Pemkot Malang Target Pusat Data Terpadu Selesai Dalam Waktu Dua Tahun

  • Whatsapp
pusat data terpadu
Plt Diskominfo Kota Malang, Erik Setyo Santoso
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – MALANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) sedang mengerjakan pusat data terpadu untuk mengintegrasikan data, aplikasi hingga sinkronisasi berbagai hal menjadi satu wadah. Ditargetkan, pusat data terpadu tersebut akan selesai dalam kurun waktu dua tahun.

Baca Juga

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang, Erik Setyo Santoso mengungkapkan, untuk pusat data terpadu tersebut harus melalui satu aplikasi yang terintegrasi dengan Diskominfo.

“Saat ini, pembuatan aplikasi (yang terintegrasi dengan Diskominfo) sedang berproses. Sebagian aplikasi di masing-masing Perangkat Daerah (PD) sudah saling terintegrasi antara yang satu dengan lainnya,” terang dia.

Nantinya, dengan aplikasi tersebut, lebih memudahkan pada proses penyelesaian layanan publik kepada masyarakat.

“Salah satunya seperti aduan online melalui aplikasi Sambat Online (Sambat) yang sudah terintegrasi dengan setiap aplikasi perangkat daerah,” kata dia.

Sehingga, setiap aduan yang masuk bisa langsung ditanggapi oleh masing-masing PD sesuai dengan tugas dan fungsinya. Selain layanan tersebut, layanan yang menyentuh langsung kepada masyarakat seperti layanan perizinan juga terus dimantabkan untuk bisa diintegrasikan dengan layanan Dispendukcapil Kota Malang.

“Saat ini yang menjadi prioritas kami adalah e-planning dan e-budgeting,” terang Erik.

Dia menambahkan, untuk mengintegrasikan data menjadi satu titik itu menjadi salah satu program dalam mengembangkan smart city. Dengan penyusunan data terpadu, maka diyakini layanan yang diberikan kepada masyarakat akan semakin prima.

“Karena pasti itu akan sangat memudahkan masyarakat,” kata dia.

Pelan tapi pasti, lanjut dia, seluruh aplikasi yang dimiliki setiap PD akan diintegrasikan dengan layanan yang dimiliki Diakominfo. Sehingga seluruhnya bisa dengan mudah dipantau hanya dalam satu titik saja.

“Target kami paling lama dua tahun pengintegrasian aplikasi sudah selesai dan sekarang sudah dalam tahap semua,” tandas dia.(nda)

Post Terkait

banner 468x60