Pemkab Malang Gali Data Naskah Akademik Pengarustaman Gender

  • Whatsapp
Suasana pelaksanaan FGD Ranperda Pengarustamaan Gender Kabupaten Malang/ Ajeng Jasita Ingtyas

NUSADAILY.COM – MALANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tengah menggali data dan informasi yang digunakan untuk penyusunan naskah akademik Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Malang.

Pelaksanaannya dilakukan dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) di Ruang Kartanegara Pemkab Malang. Dan menariknya, disinilah terungkap bahwa peran perempuan dalam pembangunan tingkat desa hanya ‘pemanis’ belaka.

“Kami (perempuan) selama ini jarang dilibatkan dalam Musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes), ” kata Ketua Fatayat NU Kabupaten Malang Nur Mutias

Menurutnya, kaum perempuan di tingkat desa di Kabupaten Malang hanya dijadikan ‘pemanis’. Jarang dilibatkan dalam program pembangunan desa, juga membahas persoalan persoalan perempuan.

“Padahal tidak semua laki-laki faham terkait persoalan perempuan. Saya pernah minta pak Kades untuk digelar Musdes khusus perempuan,” terangnya.

Kemudian, pihaknya mengatakan, saat digelar Musdes khusus perempuan, banyak usulan usulan pembangunan dari kaum perempuan itu, hanya kurang diberikan peran. Hal ini pertanda masih banyak terjadi kesenjangan.

Sebab itu, dalam Ranperda Pengarusutamaan Gender ini, partisipasi perempuan perlu ditingkatkan, terutama dalam proses program pembangunan daerah pedesaan. (aje/kal)