Pembangunan Kantor Desa Beji Butuh Rp 3 M

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU- Kantor Desa Beji bakal dipindah ke Jalan Sawahan Bawah Beji Kota Batu. Pemindahan dilakukan seiring pesatnya perkembangan dinamika Desa Beji dengan kebutuhan anggaran sekitar Rp 3 miliar. Kondisi kantor desa yang ditempati saat ini kurang representatif. 

Area gedung kantor yang relatif sempit membuat pelayanan terkendala dengan melihat banyaknya permohonan layanan masyarakat. Selain itu, mempertimbangkan faktor lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kemacetan saat ada  kegiatan di Pemdes Beji. Karena letaknya berada di jalan protokol. Pemindahan ini akan direalisasikan pada 2021 setelah ada kesepakatan melalui musyawarah desa akhir 2019 lalu.
 “Wacana ini sebenarnya sudah awal tahun 2020. Tapi saat ini akan kami seriusi dan mulai jalan di tahun 2021,” ungkap Kades Beji Deny Cahyono Rabu siang (7/10) dilansir Nusadaily.com.

Baca Juga

Proses pemindahan itu juga telah ditampung dan dipresentasikan di Kecamatan Junrejo pada akhir 2019 lalu. Kurang lebih anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan dan pemindahan mencapai Rp 3 miliar. Anggaran yang digelontorkan akan memakai dana desa dengan proyek pembangunan tahun jamak.

Ia juga menambahkan ketika kantor Desa Beji telah dipindah, maka eks gedung desa saat ini. Kantor akan digunakan untuk Bumdes dan tempat pemasaran UMKM Desa Beji. 

Lebih lanjut, Deny memperkirakan pembangunan bisa dirampungkan selama tiga tahun. Hal ini dikarenakan kendala anggaran yang cukup besar sedangkan rata-rata dana desa yang diperoleh untuk desa beji sekitar Rp. 1,5 miliar. 

Ia menambahkan, tak menutup kemungkinan pihaknya akan mengajukan bantuan dana ke Pemkot Batu. Jika hanya mengandalkan DD akan membebani keuangan desa dan tentunya proses pembangunannya memakan waktu cukup lama.

“Tentu akan lama selesainya kalau hanya mengandalkan DD. Makanya akan mengajukan anggaran ke Pemkot,” ujar Deni. (wok/wan)