Pelaku Penipuan di Facebook Mengaku Anggota DPRD Kota Batu

  • Whatsapp
Pelaku penipuan mengirimkan pesan melalui aplikasi messenger kepada orang-orang yang berteman dengan anggota DPRD Kota Batu, Didik Subiyanto.
banner 468x60

NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Batu, Didik Subiyanto dijadikan alat oleh orang tak dikenal untuk menjalankan aksi penipuan melalui saluran media sosial.

Modus yang dilakukan pelaku yakni membuat akun facebook yang menyerupai Didik Subiyanto. Pelaku juga memampang ikon Didik Subiyanto sebagai foto profilnya.

BACA JUGA: Harga Kedelai Melonjak, Kadin Kota Batu Bantu Pemasaran Panganan Warisan Budaya

Tak berhenti di situ, pelaku mengirimkan pesan berantai kepada orang yang berteman di akun media sosial milik Biyanto. Dalam pesan tersebut tertulis bahwa pelaku meminta nomor WhatsApp rekan-rekannya. Dan memerintahkan jika sudah ada pesan masuk atau kode, diminta kembali mengirimkan melalui messenger atau whatsapp kepada akun palsu tersebut.

“Dugaan saya ya mau mencari-cari sesuatu, atau hack akun lainnya kembali, tolong berhati-hati dan jangan percaya. Karena akun facebook saya cuma satu M Didik Subiyanto yang memiliki pertemanan sejumlah 4300,” jelasnya.

Politisi PKB itu mengaku, pertama kali mengetahui sekitar pukul 8 pagi dari rekannya sesama anggota DPRD Kota Batu. Dia menanyakan apakah benar ada akun baru miliknya yang meminta persetujuan pertemanan, padahal akun lama sudah ada.

“Ya tahu saya pertama kali dari Pak Sudiyono anggota DPRD juga. Lalu laporan dari teman-teman dari Malang, Palembang, Lombok, Jakarta dan lainnya melalui whatsapp atau telepon langsung ke saya. Dan saya bilangi itu tidak benar,” imbuh dia.

Untung saja sejauh ini belum ada korban yang sampai mengeluarkan uang, baik dari transfer atau bagaimana.

“Alhamdulillah tidak ada korban, dan kalau bisa jangan sampai ada. Apakah nanti melapor ke Kepolisian, kita lihat dulu perkembangannya. Mohon diabaikan permohonan dan pesan-pesan yang disampaikan dari akun tersebut,” pesannya.

BACA JUGA: Vaksin Datang, Sutiaji Siap Jadi Orang Pertama Kota Malang yang Divaksin

Salah satu jurnalis yang bertugas di Kota Batu, Agus Susanto mengaku mendapat permintaan pertemanan dari akun yang memakai foto Kaji Bianto. Setelah itu ia menerima pesan massenger.

“Kok tiba-tiba ada pesan masuk meminta nomor whatsapp saya, padahal saya dan beliau sudah saling punya nomor handphone atau whatsapp, akhirnya tidak saya tanggapi. Malah membuat saya curiga dan langsung memberitahukan kepada beliau,” tutupnya. (wok/kal)